Kamis, 17 Oktober 2019

Sering Minum Kopi Bisa Sebabkan Dehidrasi? Begini Jawaban Sebenarnya!

Apa Anda sering buang air kecil setelah mengonsumsi kopi?

Vika Widiastuti
Ilustrasi minum kopi di pagi hari. (Pixabay/Free-Photos)
Ilustrasi minum kopi di pagi hari. (Pixabay/Free-Photos)

Himedik.com - Apakah Anda termasuk orang yang sering mengonsumsi kopi di pagi hari? Selain untuk menghindari rasa kantuk, minum kopi di pagi hari dipercaya bisa meningkatkan energi dan kinerja. 

Namun, ada kabar yang beredar bahwa mengonsumsi terlalu banyak kopi dalam sehari bisa menyebabkan dehidrasi. Benarkah demikian?

Dilansir dari timesofindia, kopi sebenarnya tidak menyebabkan dehidrasi. Namun, Perpusatakaan Kedokteran Nasional Amerika Serikat mencatat kandungan kafein dalam kopi memiliki efek diuretik ringan, yang membuat Anda buang air kecil lebih sering.

Efek diuretik tersebut membuat tubuh mengeluarkan natrium dan air. Meski masih membutuhkan studi yang lebih detail, penelitian ini mengungkapkan hal tersebut berhubungan dengan cara bagaimana kafein memengaruhi ginjal melalui mekanisme dengan menurunkan reabsorpsi natrium.

Ginjal akan mengeluarkan kelebihan garam dari tubuh melalui urine. Saat membuat jalan keluar dari tubuh, natrium akan menarik air dari darah, yang membuat Anda buang air kecil lebih sering dari biasanya.

Jadi, secara umum berarti ketika Anda mengonsumsi lebih banyak kopi maka Anda akan pergi ke kamar mandi lebih sering. Namun, hal ini tidak berlaku untuk semua orang. Efek diuretik tersebut mungkin lebih umum pada orang yang kadang-kadang minum kopi, dibanding yang sering.

Ilustrasi kopi luwak. (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi kopi luwak. (Sumber: Shutterstock)

 

Lalu, bagaimana minum kopi tidak menyebabkan dehidrasi karena secara sederhana, buang air kecil lebih sering berarti kehilangan lebih banyak cairan dari tubuh.

Sebenarnya saat Anda minum kopi, tubuh Anda juga menyerap cairan bersama kafein. Jadi, Anda tidak akan kehilangan lebih banyak cairan dari tubuh melalui urine.

Tubuh Anda akan menyerap cairan yang dibutuhkan dan mengeluarkan sisanya. Kopi sebenarnya menyeimbangkan efek diuretik. Namun, pastikan Anda memebuhi kebutuhan cairan tubuh.

Jadi, secangkir kopi tidak benar-benar menyebabkan Anda dehidrasi. Jika Anda mengalami sakit kepala atau gejala lain, seperti insomnia setelah minum secangkir kopi sehari, hal tersebut mungkin juga terjadi karena beberapa alasan.

Sebaliknya jika Anda tidak mengalami efek apapun, mengonsumi terlalu banyak kopi dalam sehari pun tidak baik untuk kesehatan.

Batas maksimal kopi yang dikonsumsi setiap hari adalah 2-3 cangkir. Hal ini karena kafein yang berlebih akan menyebabkan sakit kepala, sulit tidur, detak jantung cepat, gemetar, dan sebagainya.

Terkait

Terkini