Selasa, 10 Desember 2019

Anda Berniat Diet Vegetarian? Ternyata ini Bisa Tingkatkan Risiko Stroke

Penelitian menemukan bahwa pola diet vegetarian bisa meningkatkan risiko stroke.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni
Ilustrasi makanan vegetarian. (unsplash)
Ilustrasi makanan vegetarian. (unsplash)

Himedik.com - Pola hidup vegetarian, artinya seseorang akan menghindari konsumsi daging apapun. Banyak orang mengira pola hidup vegetarian ini sangat menyehatkan tubuh. Padahal pola hidup seperti ini bisa meningkatkan risiko stroke.

Menurut penelitian dalam British Medical Journal, vegetarian disebut memiliki risiko lebih tinggi terkena stroke. Tetapi, risiko menderita penyakit jantung lebih rendah daripada orang yang mengonsumsi daging.

Studi EPIC Oxford dilansir dari mirror.co.uk, penelitian tentang vegetarian berisiko stroke ini sudah seharusnya menjadi perhatian. Apalagi pola hidup vegetarian semakin populer di kalangan masyarakat.

Hasil studi memang menunjukkan bahwa diet vegetarian memberikan perlindungan lebih terhadap penyakit jantung koroner. Tetapi, pola hidup seperti ini tidak berlaku untuk mencegah stroke.

Temuan dari studi Oxford menunjukkan bahwa pemakan ikan dan vegetarian memiliki tingkat risiko penyakit jantung, masing-masing 13 persen dan 22 persen yang lebih rendah daripada pemakan daging.

Penyakit stroke (Shutterstock)
Penyakit stroke (Shutterstock)

Lalu, penelitian lain juga menemukan bahwa vegetarian pun memiliki risiko stroke 20 persen lebih tinggi daripada pemakan daging.

Namun, orang yang menjalani pola hidup vegetarian tidak perlu khawatir perihal risiko stroke. Hal itu karena masih ada faktor lain yang memicu seseorang menderita stroke.

Perlu dipahami, vegetarian juga memiliki asupan natrium yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan pemakan daging.

Ilustrasi diet vegetarian. (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi diet vegetarian. (Sumber: Shutterstock)

Sebaliknya, orang pemakan daging memiliki asupan protein lebih tinggi yang meningkatkan asupan energi dibandingkan vegetarian.

Sebagian besar ahli gizi hanya menyarankan orang vegetarian memerhatikan asupan vitamin B12. Hal itu karena vitamin B12 cukup sedikit diperolah dari sayuran. Meskipun begitu, belum ada bukti kuat kekurangan vitamin B12 bisa memicu stroke.

Terkait

Terkini