Info

Batasi Makan Keju bagi Pria, Karena Bisa Sebabkan Kanker Prostat!

Bagi pria, keju dan jenis produk susu lainnya sudah seharusnya dihindari karena bisa menyebabkan kanker prostat.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni

Keju. (pixabay)
Keju. (pixabay)

Himedik.com - Keju salah satu makanan yang paling banyak disukai orang. Sayangnya, keju dan produk susu lainnya juga bisa berdampak buruk pada kesehatan, khususnya kanker prostat.

Ilmuwan Amerika Serikat telah meneliti data 47 studi yang mengamati pola makan lebih dari satu juta pria. Para ilmuwan berusaha mencari hubungan kebiasaan makan keju dan mentega dengan kondisi kesehatan seseorang.

Hasilnya, dilansir dari The Sun, orang yang sering mengonsumsi makanan produk susu, seperti keju, susu, mentega dan yogurt berisiko 76 persen menderita kanker prostat.

Sementara mereka yang menjalani pola hidup vegan, risiko kanker prostat justru turun sekitar seperlima. Karena itu, para ahli berpikir bahwa produk susu dapat meningkatkan kadar hormon pertumbuhan dan kalsium yang berkaitan dengan tumor prostat.

Terbukti, penyakit kanker prostat ini cukup tinggi di negara Barat dibandingkan Asia yang asupan susunya lebih rendah. Setiap tahun sekitar 47 ribu pria di Inggris didiagnosis kanker prostat yang menyebabkan 11 ribu kematian.

Ilustrasi keju cheddar. [Shuttestock]
Ilustrasi keju cheddar. [Shuttestock]

Peneliti utama dr John Shin dari AS lantas menyoroti hubungan konsumsi produk susu yang tinggi dengan kesehatan prostat. Penelitian ini sekaligus membuktikan manfaat pola makan nabati.

Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of the American Osteopathic Association menyebutkan pria diresepkan obat penurun kalsium untuk mengurangi risiko kanker prostat.

"Karena produk susu kaya akan kalsium ini meningkatkan kemungkinan kalsium memainkan peran penting dalam hubungan antara susu dan kanker prostat," jelasnya.

Oleh karenanya, makan banyak buah dan sayuran terkait pengurangan risiko penyakit sebesar 19 hingga 59 persen. Dokter Shin pun mengatakan masih perlu penelitian lebih lanjut untuk memahami sifat dan kekuatan asosiasi.

"Tampaknya tidak ada hubungan jelas antara peningkatan risiko kanker prostat dan peningkatan konsumsi jenis makanan hewani lainnya, termasuk daging, ikan dan telur," jelasnya.

Ilustrasi orang sakit kanker prostat (shutterstock)
Ilustrasi orang sakit kanker prostat (shutterstock)

Namun, para ahli Inggris mengatakan terlalu dini untuk menyarankan para pria menghindari produk susu. Hal itu karena belum tentu produk susu yang menjadi penyebab utama kanker prostat.

Menurut Tom Sanders, profesor emeritus nutrisi dan dietetika King's College London, kegemukan salah satu faktor yang paling kuat menjadi penyebab kanker prostat.

Prostat adalah kelenjar kecil yang terletak dekat kandung kemih yang menghasilkan komponen air mani yang menyehatkan sperma. Penyakit ini adalah kanker yang paling umum menyerang pria di Inggris dan diperkirakan satu dari delapan akan berkembang di beberapa titik.

Berita Terkait

Berita Terkini