Info

Nia Ramadhani Tak Bisa Kupas Salak, Padahal Banyak Manfaat Sehatnya!

Manfaat sehat buah salak yang sempat heboh akibat Nia Ramadhani tidak bisa mengupasnya.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni

Nia Ramadhani [Suara.com/Evi Ariska]
Nia Ramadhani [Suara.com/Evi Ariska]

Himedik.com - Video Nia Ramadhani tidak tahu cara mengupas salak tengah menjadi perbincangan publik di media sosial. Ardi Bakrie yang kala itu meminta Nia Ramadhani mengupas salak, tetapi tidak mengetahui caranya pun sempat terheran.

Nia Ramadhani justru kebingungan sendiri cara mengupas buah salak. Bahkan, ia juga terlihat menggelengkan kepala dan malu ketika Ardi Bakrie mulai meledeknya yang tak bisa mengupas salak.

"Orang disuruh bukain Salak, dia (Nia Ramadhani) nggak tahu gimana caranya. Kamu serius nggak tahu caranya?" tanya Ardie Bakrie ke istrinya.

"Pakai pisau?" kata Nia Ramadhani balik bertanya.

Secara ilmiah, buah salak ini disebut salacca yang berasal dari Sumatera Selatan dan Jawa Barat. Salak termasuk buah khas Indonesia yang bagian luarnya menyerupai kulit ular.

Buah salak biasanya tumbuh di daerah dataran rendah dan berkembang baik di bawah sinar matahari penuh. Kulitnya yang bersisik dan agak tajam, membuat sejumlah orang kurang tertarik makan buah salak.

Artis Nia Ramadhani. [Suara.com/Evi Ariska]
Artis Nia Ramadhani. [Suara.com/Evi Ariska]

Padahal salak termasuk buah yang kaya nilai gizi. Melansir dari healthbenefitstimes.com, salak adalah sumber nutrisi, vitamin dan mineral yang baik.

Konsumsi 100 gram buah salak menawarkan 3,9 mg besi, 0,2 mg vitamin B2, 8,4 mg vitamin C, 12,1 g krabohidrat, 38 mg kalsium, 18 mg fosfor, 0,8 g protein, 0,4 g total lemak dan 0,3 g total serat makanan.

Selain itu, salak juga mengandung 5 kali lebih banyak beta-karoten daripada semangka atau mangga. Berikut ini manfaat konsumsi salak untuk kesehatan tubuh:

1. Obat mata

Buah salak dianggap sangat bermanfaat untuk mengobati mata. Menurut penelitian oleh spesialis kesehatan, buah salak terdiri dari beta-karoten yang bagus untuk mata.

Jadi, Anda bisa mengganti jus wortel dengan salak jika bosan, demi mengobati masalah mata.

2. Baik untuk pencernaan

Salak salah satu nutrisi buah padat yang terdiri dari kalsium, tanin, saponin, flavonoid dan beta-karoten. Karena nutrisi tersebut, salak memiliki manfaat kesehatan untuk manusia.

Tanin adalah anti diare, sehingga salak dapat membantu mengatasi diare. Selain itu, salak juga bisa mengobati gangguan pencernaan lambung. Konsumsi salak bersama dengan epidermisnya dapat mencegah sembelit

3. Meningkatkan daya ingat

Kandungan kalium dan pektin tinggi dalam salak dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif tubuh dan daya ingat.

Ilustrasi buah dan biji salak. (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi buah dan biji salak. (Sumber: Shutterstock)

4. Kontrol gula darah

Kulit buah salak bisa diolah menjadi teh untuk membantu meregenerasi sel di pankreas yang membantu mengendalikan diabetes. Selain itu, kandungan pterostilbene dalam salak juga merupakan agen penurun glukosa darah.

5. Menjaga kardiovaskular

Salak mengandung kalium yang baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, jumlah antioksidan dan mineral yang tinggi dapat menjaga fungsi sistem kardiovaskular dengan baik.

6. Mengatasi rabun jauh

Kandungan vitamin A dalam buah salak juga sangat baik untuk mengatasi masalah mata, seperti rabun jauh. Hal itu karena vitamin A bisa meningkatkan ketajaman mata melihat terang dan gelap (rabun senja).

Berita Terkait

Berita Terkini