Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Selasa, 02 Juni 2020

Agar tak Seperti Raffi Ahmad, Hindari Makanan yang Buruk untuk Tiroid ini!

Ada beberapa makanan yang seharusnya dibatasi karena buruk untuk kesehatan tiroid.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni
cloud_download Baca offline
Gandum (unsplash)
Gandum (unsplash)

Himedik.com - Raffi Ahmad yang menderita benjolan di pita suara, ternyata juga mengalami masalah tiroid. Karena itu, Raffi Ahmad pun memutuskan vakum untuk mengobati masalah kesehatannya.

Raffi Ahmad bukan artis pertama yang mengalami masalah tiroid. Penyakit ini cukup umum diderita orang, meskipun lebih berisiko pada wanita.

Karena itu, perlu dipahami bahwa tiroid yang kurang aktif terjadi ketika kelenjar gagal menghasilkan cukup hormon tiroid. Begitu pula sebaliknya jika tiroid terlalu aktif yang bisa menyebabkan penurunan berat badan hingga detak jantung tidak beraturan.

Masalah tiroid ini pun bisa disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya makanan. Melansir dari health.com, berikut ini beberapa makanan yang bisa memperburuk kesehatan tiroid.

1. Gluten

Orang dengan penyakit seliak, yakni penyakit autoimun yang dicirikan oleh intoleransi terhadap gluten dalam gandum. Hal ini juga lebih cenderung memiliki tingkat masalah tiroid yang lebih tingi.

Menurut laporan 2007 oleh para peneliti di Inggris, makan bebas diet bisa membantu mengendalikan gejala sekaligus melindungi kelenjar tiroid.

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina [Evi Ariska/Suara.com]
Raffi Ahmad dan Nagita Slavina [Evi Ariska/Suara.com]

 

2. Makanan olahan

Lebih dari 75% dari asupan natrium makanan kita berasal makanan olahan. Padahal mengonsumsi terlalu banyak natrium dapat membuat Anda mengalami tekanan darah tinggi, kemudian penyakit jantung serta memicu masalah tiroid.

3. Makanan cepat saji

Sama seperti makanan olahan, makanan cepat saji juga bisa tinggi yodium. Sehingga konsumsi makanan cepat saji bisa memperburuk kesehatan tiroid.

Terkait

Terkini