Selasa, 25 Februari 2020

Jangan Lagi Letakkan Dompet di Saku Celana, Bisa Berbahaya bagi Kesehatan!

Kebiasaan ini bisa memengaruhi tulang lho!

Vika Widiastuti | Rosiana Chozanah
cloud_download Baca offline
Ilustrasi dompe di kantong celana. (Pixabay/stevepb)
Ilustrasi dompe di kantong celana. (Pixabay/stevepb)

Himedik.com - Meletakkan dompet di saku celana biasa dilakukan oleh para pria. Hal ini dianggap praktis dan mudah. 

Tahukah Anda jika kebiasaan ini dapat memengaruhi kesehatan tulang? Sebab, hal ini buruk untuk punggung dan posisi duduk Anda.

"Dompet dapat mengganjal saat duduk dan ini membuat ketidakseimbangan yang mendistorsi panggul dan pinggul Anda," tutur chiropractor Dr. Arnie Angrist pada Huffington Post.

Ketika satu pinggul lebih tinggi dari yang lain, katanya, punggung atas, tengah dan leher akan mencoba mengimbangi. Lama kelamaan ini akan menyebabkan masalah punggung dan leher.

Chris Good, seorang profesor ilmu klinis di University of Bridgeport College of Chiropractic, menjelaskan jika tulang belakang miring, Anda dapat mengalami beban tidak merata pada sendi tulang belakang, otot dan cakram.

Ilustrasi perempuan kena skoliosis [shutterstock]
Ilustrasi tulang belakang bermasalah [shutterstock]

Pada akhirnya kondisi seperti ini dapat menyebabkan rasa sakit, disfungsi atau bahkan kerusakan degeneratif dari waktu ke waktu, kata Good.

"Kompresi yang disebabkan oleh dompet tebal dapat menyebabkan iritasi pada sejumlah struktur penting di bokong: saraf skiatik, otot-otot lokal (misalnya otot gluteal atau piriformis) dan arteri dan vena lokal," kata Good.

Oleh sebabnya, Good menyarankan untuk menyimpan dompet di dalam tas atau dibawa menggunakan tangan.

Terkait

Terkini