Selasa, 10 Desember 2019

Kulit Kepala Gatal tanpa Kutu Bisa Tanda 5 Penyakit Ini, Anda Mengalaminya?

Ternyata kulit kepala yang sering gatal meski tak berketombe atau berkutu bisa jadi tanda penyakit.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
ilustrasi kepala gatal - (Pixabay/Berzin)
ilustrasi kepala gatal - (Pixabay/Berzin)

Himedik.com - Kulit kepala gatal tidak melulu disebabkan oleh kutu rambut. Jika Anda sering mengalami kepala gatal tanpa kutu maupun ketombe, bisa jadi ada masalah kulit kepala lainnya.

Seorang ahli kulit dari Harvard, Khalil A Khatri, MD, mengatakan bahwa kulit kepala gatal tidak selalu disebabkan oleh kutu rambut. Jika Anda suka mencuci rambut dengan baik tetapi kulit kepala masih terasa gatal, mungkin saja Anda mengalami masalah kulit lain.

Melansir dari Thehealthy, berikut 5 masalah kulit yang membuat kepala Anda terasa gatal hingga sensasi terbakar.

1. Kudis

Kulit kepala yang gatal bisa jadi tanda kudis jika Anda memang tidak memiliki kutu rambut. Khatri mengatakan bahwa kudis tidak hanya terjadi pada kulit tubuh tetapi juga kulit kepala.

Kondisi ini biasanya ditularkan melalui kontak langsung dari kulit ke kulit orang yang sudah terinfeksi. Kudis pada orang dewasa sering didapat secara seksual, tetapi juga bisa menyebar tanpa kontak seksual, termasuk rumah tangga, panti jompo, fasilitas perawatan luas, fasilitas perawatan anak, dan penjara.

Ilustrasi kulit kepala gatal [shutterstock]
Ilustrasi kulit kepala gatal [shutterstock]

2. Reaksi alergi

Kulit kepala yang gatal bisa juga tanda reaksi alergi, misalnya Anda baru saja mewarnai rambut. Jika Anda kali pertamanya mewarnai rambut, besar kemungkinan kulit gatal tanda reaksi alergi terhadap cat rambut.

3. Psoriasis atau eksim

Kulit kepala gatal juga bisa disebabkan oleh kondisi kulit yang meradang seperti eksim (dermatitis atopik yang biasa muncul di kulit kepala bayi) dan psoriasis (yang biasa muncul pada kulit kepala orang dewasa). Ahli menjelaskan kondisi ini muncul ketika sistem kekebalan tubuh pada kulit Anda buruk sehingga menyebabkan bercak merah, bersisik dan gatal.

Psoriasis terlihat mirip dengan ketombe tetapi lebih tebal dan merah. Menurut Esta Kronberg, MD, dokter kulit di Houston, Texas, kondisi ini bisa diobati dengan cara yang sama dengan pengobatan ketombe.

Ilustrasi perempuan mengalami psoriasis (Shutterstock)
Ilustrasi perempuan mengalami psoriasis (Shutterstock)

4. Rosacea

Rosacea berbentuk seperti flush merah atau mirip jerawat di wajah. Rosacea akibat terbakar matahari atau panas. Menurut American Academy of Dermatology, biasanya kondisi ini lebih sering terjadi di pipi, dagu dan hidung. Namun,  juga tak menutup kemungkinan di kulit kepala.

Kondisi inilah yang menyebabkan rasa gatal atau sensasi terbakar di kulit kepala. Jika Anda mengalami rosacea, segera temui dokter kulit untuk mengetahui pengobatan yang tepat.

5. Folikulitis

Jika kulit kepala gatal disertai dengan sesuatu seperti jerawat merah dan rambut kecil di tengahnya. Anda mungkin sedang mengalami folikulitis di kulit kepala. Menurut dr. Khatri, biasanya folikulitis disertai nanah di dalamnya serta terasa gatal atau terbakar.

Sebagian kasus, gejalanya hilang dengan sendirinya dalam waktu seminggu hingga 10 hari. Dalam kondisi ini, Anda bisa menggunakan pembersih antibakteri untuk kulit kepala.

Terkait

Terkini