Selasa, 10 Desember 2019

Manfaat di Balik Aktivitas Masturbasi, Bisa Jaga Kesehatan Mental

Masturbasi membawa beberapa sisi baik.

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah
Ilustrasi orgasme. (Shutterstock)
Ilustrasi orgasme. (Shutterstock)

Himedik.com - Jika selama ini lelaki terlihat merasa lebih bebas dan terbuka tentang masalah masturbasi, perempuan justru masih malu-malu untuk membicarakannya. Padahal, masturbasi adalah hal biasa dan dapat dilakukan laki-laki maupun perempuan.

Tidak hanya memengaruhi kesehatan reproduksi, masturbasi juga memiliki manfaat bagi kesehatan mental. Hal itu seperti yang disebutkan oleh seksolog Shanon 'Shan' Boodram seperti dikutip dari The Chill Times. 

1. Meredakan stres dan mengurangi depresi

Orgasme dapat meningkatkan dopamin, endorfin, dan oksitosin yang semuanya adalah hormon bahagia, sekaligus menurunkan kadar kortisol atau hormon stres.

Boodram menggambarkan kekuatan relaksasi orgasme sebagai, "Kepuasan yang alami ... (seperti) pada penggunaan heroin."

2. Meningkatkan kualitas tidur

Melepaskan semua endorfin saat masturbasi bisa sangat menenangkan sehingga banyak orang menjadi mengantuk setelah mengalami orgasme.

Ilustrasi perempuan alami orgasme. [shutterstock]
Ilustrasi perempuan alami orgasme. [shutterstock]

Namun, Boodram menunjukkan biasanya itu adalah efek dari orgasme untuk pria karena melepaskan melatonin. Sedangkan untuk wanita, hasilnya mungkin bervariasi.

Beberapa mungkin tidur dengan mudah, sementara yang lain mungkin menemukan diri mereka sedikit lebih waspada.

3. Mengurangi perilaku adiktif

Meningkatnya oksitosin dapat menurunkan keinginan atau perilaku adiktif Anda terhadap hal-hal yang kurang baik, misalnya makan junk food atau bermain ponsel terlalu intens.

Hal itu karena jenis hormon bahagia yang diterima dapat membuat Anda memiliki pandangan lebih positif terhadap kehidupan. Anda cenderung tidak mendambakan hal-hal yang kurang signifikan untuk mencoba menghibur diri.

Mentimun salah satu benda yang bisa dijadikan alat bantu masturbasi, karena bentuknya mirip penis. (Shutterstock)
Ilustrasi masturbasi. (Shutterstock)

4. Meningkatkan citra tubuh

Wanita yang 'mengetahui' tubuh mereka sendiri dan dapat bersenang-senang dengannya bisa memandang diri mereka dengan rasa percaya diri yang tinggi.

Boodram menjelaskan jika Anda menghabiskan lebih banyak waktu secara intim dengan diri sendiri, itu adalah bentuk cinta diri, penerimaan diri, dan kepositifan tubuh.

Nah, dengan berbagai manfaat di atas, Anda tidak perlu malu lagi untuk mengeksplor diri Anda sendiri.

Terkait

Terkini