Info

Lola Zieta Akui Panseksual, Ketahui 5 Fakta Orientasi Seksual Tersebut

"Aku panseksual, aku punya preferensi sendiri," kata Lola.

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah

Lola Zieta (Instagram/@gambirstudio)
Lola Zieta (Instagram/@gambirstudio)

Himedik.com - Cosplayer Lola Zieta secara terang-terangan mengaku dirinya panseksual kepada Deddy Corbuzier. Hal itu ia utarakan saat menjadi bintang tamu di podcast Deddy, Sabtu (02/11/2019).

"Aku panseksual, aku punya preferensi sendiri. Buat aku gender itu enggak terlalu apa ya, ya yaudah lah kalau emang kebetulan aku suka trans, i'm ok with it," jelas Lola.

Ia pun mengaku dirinya menyukai perempuan karena perempuan adalah makhluk yang cantik. Lola mengaku dirinya tidak memandang apapaun.

"Kalo udah chemistry-nya dapet nanti menyesuaikan juga kok," sambung Lola.

Meski begitu, Lola mengaku hal itu tidak mudah baginya.

Ketika membahas orientasi seksual, ada banyak cara orang dapat mengidentifikasinya. Baik itu homoseksual, biseksual, aseksual maupun panseksual.

Lola Zieta, pernah berlaga di Cosplay Competition Night Tokyo Game Show 2016 [Suara.com/Tivan Rahmat]
Lola Zieta, pernah berlaga di Cosplay Competition Night Tokyo Game Show 2016 [Suara.com/Tivan Rahmat]

Panseksual didefinisikan sebagai seseorang yang tertarik pada semua identitas gender, atau tertarik pada orang tanpa memandang gender mereka.

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang panseksual.

1. Hubungan pacaran bisa rumit

Karena panseksual, yang juga dikenal sebagai omniseksualitas, tidak 'searus' dengan identitas seksual lainnya, mencoba berpacaran bisa sulit.

"Panseksual dapat memiliki waktu yang lebih sulit untuk menavigasi dunia pacaran, dan yang lebih mudah tergantung pada beberapa faktor," kata Masini.

2. Tidak sama dengan biseksual

"'Pan' berasal dari kata Yunani 'semua'," kata Holly Richmond , Ph.D., seorang terapis seks, melansir Womens Health Magazine.

Itu berarti orang panseksual dapat tertarik pada seorang pria, wanita, orang transgender, atau orang yang tidak bergender (orang yang memilih untuk tidak mengidentifikasi diri mereka sendiri berdasarkan jenis kelamin), kata Richmond.

3. Tidak jarang seorang biseksual berubah menjadi panseksual

Seperti Miley Cyrus dan Janelle, beberapa orang yang sebelumnya diidentifikasi sebagai biseksual kemudian mengidentifikasi sebagai panseksual.

"Biseksualitas sebagai sebuah istilah telah mengalami kritik karena mengikuti sistem gender biner, alias 'Saya tertarik pada pria dan wanita', meskipun definisi tentang biseksualitas tidak cocok dengan banyak orang yang diidentifikasi biseksual," kata Rena McDaniel, yang memiliki gelar master dalam konseling dengan spesialisasi gender dan identitas seksual.

Panseksualitas, di sisi lain, dipandang sebagai 'lebih inklusif' dari transgender atau mengidentifikasi diri mereka di luar biner gender pria atau wanita, tambahnya.

Lola Zieta menjadi bintang tamu dalam podcast Deddy Corbuzier (YouTube/Deddy Corbuzier)
Lola Zieta menjadi bintang tamu dalam podcast Deddy Corbuzier (YouTube/Deddy Corbuzier)

4. Panseksual bukan berarti pergaulan bebas

Panseksual mungkin tertarik pada semua orang, tetapi itu tidak berarti bahwa mereka akan berhubungan intim dengan siapa pun, kata Richmond.

"Panseksual bisa sangat pemilih," jelasnya.

5. Panseksual tidak ada hubungannya dengan gender

Orang sering mencampuradukkan identitas gender dan identitas seksual tetapi mereka tidak sama.

"Panseksualitas adalah istilah yang mengacu pada orientasi seksual, yang membuat seseorang tertarik. Ini sama sekali berbeda dari identitas gender, yang merujuk pada bagaimana seseorang mengidentifikasi gender mereka sendiri," terang McDaniel.

Berita Terkait

Berita Terkini