Info

Benarkah Nasi Putih Bikin Berat Badan Naik? Ini Penjelasan Ahli Gizi

Ternyata nasi putih yang dianggap bisa meningkatkan berat badan tidak sesuai faktanya.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Makan nasi justru tidak menyebabkan obesitas (Pixabay/SpencerWing)
Makan nasi justru tidak menyebabkan obesitas (Pixabay/SpencerWing)

Himedik.com - Selama ini orang diet dengan mengurangi nasi putih karena dianggap bisa menaikkan berat badan. Padahal nasi putih tidak ada kaitannya dengan penyebab kenaikan berat badan.

Banyak orang menganggap nasi putih sebagai makanan utama di Indonesia cukup tinggi kalori sehingga dapat meningkatkan berat badan seseorang.

Pooja Malhotra, seorang ahli gizi di India mengatakan bahwa nasi putih sering dikaitkan dengan kenaikan berat badan karena seratnya yang hilang setelah proses pemurnian. Lalu indeks glikemik dalam beras putih mengalami peningkatan.

"Ini artinya kerusakan gula dalam tubuh dapat terjadi dengan cepat lalu gula akan dilepaskan ke aliran darah. Selain itu, banyak juga mineral yang dihilangkan selama proses pemurnian. Hal itulah yang menjadi alasan nasi putih menyebabkan kenaikan berat badan," jelas Pooja dikutip dari ND TV.

Perlu diketahui beras mengandung karbohidrat tinggi dan sekitar 8-9 persen protein. Selain itu, beras putih juga merupakan sumber mineral alami, seperti magnesium, selenium, asam folat, fosfor, tiamin dan niasin.

Ilustrasi diet, berat badan. (Shutterstock)
Ilustrasi diet, berat badan. (Shutterstock)

Namun, tak seharusnya nasi putih disalahkan sebagai penyebab kenaikan berat badan. Menurut Pooja, satu hal yang membuat orang mengalami kenaikan berat badan adalah porsi makannya yang tidak terkontrol.

Jadi, mengurangi porsi nasi putih dalam makanan Anda bisa membantu menghindari kenaikan berat badan. Bukan berarti menghindari konsumsi nasi putih agar tidak mengalami kenaikan berat badan.

"Kamu harus mengendalikan porsi makan nasi putihmu yang bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Anda juga harus mengunyahnya secara perlahan dan benar," sarannya.

Berita Terkait

Berita Terkini