Info

Peneliti Ungkap Rokok Elektrik Ternyata Tak Lebih Aman dari Rokok Biasa

Rokok elektrik juga punya efek samping pada kesehatan jantung.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi asap rokok. (Pixabay/Macedo_Media)
Ilustrasi asap rokok. (Pixabay/Macedo_Media)

Himedik.com - Rokok elektrik atau yang selama ini dikenal dengan vape dianggap lebih aman dari rokok biasa. Namun studi terbaru menemukan fakta sebaliknya.

Dilansir dari People, Dua penelitian baru telah muncul yang menunjukkan hubungan yang meresahkan antara penggunaan rokok elektronik dan kesehatan jantung.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kolesterol dan aliran darah integral dipengaruhi oleh vaping, dan mungkin bahkan lebih dari rokok biasa.

Penelitian kecil tersebut mengobservasi 19 perokok antara usia 24 dan 32 tahun. Dr. Florian Rader, selaku pemimpin peneliti dan tim menemukan adanya sesuatu yang salah dengan regulasi aliran darah pada perokok, terlebih pengguna rokok elektrik seperti vape.

Aliran darah pada peserta yang merokok secara teratur dengan rokok biasa, mampu kembali ke proses normal setelah berolahraga. Namun hal itu tidak terjadi pada pengguna rokok elektrik.

Sales Promotin Girl dari STIG menunjukkan salah satu produk pada acara "Vape Fair" di JCC, Jakarta, Sabtu (7/9). (Suara.com/Angga Budhiyanto)
Sales Promotin Girl dari STIG menunjukkan salah satu produk pada acara "Vape Fair" di JCC, Jakarta, Sabtu (7/9). (Suara.com/Angga Budhiyanto)

"Produk-produk ini dipasarkan sebagai alternatif yang sehat, namun kami melihat semakin banyak bukti bahwa mereka jelas tidak sehat," ujar Dr. Florian.

Terlepas dari temuan yang mengkhawatirkan ini, ia mencatat bahwa ketika sampai pada efek jangka panjang pada tubuh, masih ada banyak hal yang belum diketahui tentang rokok elektronik.

"Perlu waktu bagi kami untuk memahami bagaimana rokok elektrik mempengaruhi kesehatan jantung Anda," tambahnya.

Berita Terkait

Berita Terkini