Selasa, 28 Januari 2020

Hindari Kanker Lidah yang Diderita Ibu Nunung, ini 7 Langkah Pencegahannya!

Ketahui langkah-langkah pencegahan kanker lidah seperti yang sedang diderita oleh ibu Nunung.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
cloud_download Baca offline
llustrasi lidah. (Pixabay/offthelefteye)
llustrasi lidah. (Pixabay/offthelefteye)

Himedik.com - Ibu Nunung yang sudah berusia 84 tahun dikabarkan sedang menderita kanker lidah. Penyakit ini termasuk jenis kanker mulut yang biasanya berkembang di sel skuamosa di permukaan lidah.

Kanker lidah termasuk jenis kanker yang lebih rentan menyerang orang lansia atau lanjut usia, terutama pria di atas usia 50 tahun.

Meski begitu, tidak menutup kemungkinan kanker lidah ini menyerang orang yang lebih muda. Hal itu karena, kanker lidah bisa disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari kebiasaan makan sehari-hari hingga keturunan. Anda bisa mengalaminya jika sering merokok, mengunyah sirih, hingga menjalani pola diet salah.

Melansir dari healthline.com, cukup sulit untuk mencegah kanker lidah berkembang. Anda hanya bisa menanganinya lebih cepat ketika melihat salah satu tandanya.

Semakin dini seseorang mengetahui penyakitnya, maka pengobatan kanker lidah lebih cepat dijalani dan semakin baik prospeknya.

Komedian Tri Retno Prayudati alias Nunung usai menjalani sidang pembacaan tuntutan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (13/11). [Suara.com/Arya Manggala]
Komedian Tri Retno Prayudati alias Nunung usai menjalani sidang pembacaan tuntutan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (13/11). [Suara.com/Arya Manggala]

Ada beberapa cara untuk menekan risiko kanker lidah, yakni dengan menghindari segala penyebabnya.

  1. Jangan merokok atau mengunyah tembakau
  2. Jangan minum atau minum hanya sesekali
  3. Jangan mengunyah sirih
  4. Dapatkan vaksin HPV
  5. Lakukan seks aman, terutama seks oral
  6. Masukkan buah dan sayuran ke dalam makanan
  7. Pastikan selalu menyikat gigi setiap hari

Anda juga harus rutin mengunjungi dokter gigi setiap 6 bulan sekali untuk memeriksa kebersihan serta mencegah kanker lidah.

Terkait

Terkini