Minggu, 26 Januari 2020

Sedang Mewabah di SMPN 20 Depok, Ketahui Pengobatan Hepatitis A

"Kalau hanya satu atau dua orang mungkin biasa, anehnya ini sampai 50 orang. Kejadian itu hampir bersamaan," kata Kepala Sekolah.

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah
cloud_download Baca offline
Hepatitis A (Shutterstock)
Hepatitis A (Shutterstock)

Himedik.com - Wabah hepatitis A di SMP Negeri 20 Depok bermula saat Upacara Bendera pada Senin (11/11/2019) lalu. Saat itu, kata Kepala Sekolah SMPN 20 Depok Komar Suparman, banyak siswa yang harus dilarikan ke ruang PMR karena lemas.

"Kalau hanya satu atau dua orang mungkin biasa, anehnya ini sampai 50 orang. Kejadian itu hampir bersamaan," kata Komar di SMPN 20 Depok , Kamis (21/11/2019).

Kemudian, pada Selasa (12/11/2019) salah satu orangtua siswa melaporkan anaknya didiagnsosis dengan hepatitis A. Ternyata penyakit ini semakin berkembang dan belasan murid sampai dirawat karenanya.

"Jumat malam kami memperoleh informasi ada 15 - 17 siswa yang dirawat. Pada hari Sabtu dan Minggu, ternyata jumlahnya semakin bertambah hingga pada Hari Senin kemarin jumlah Total siswa yang dirawat mencapai 35 orang," sambungnya.

Ilustrasi obat pelangsing. [Shutterstock]
Ilustrasi obat hepatitis A [Shutterstock]

Virus Hepatitis A (HAV) biasanya menyebar dengan menelan sesuatu yang sudah terkontaminasi virus. Ini bisa terjadi ketika orang yang terinfeksi tidak cukup mencuci tangan setelah menggunakan kamar mandi kemudian menyentuh hal-hal lain, seperti makanan, menurut US Departement of Veterans Affairs.

Berdasarkan Mayo Clinic, pengobatan untuk Hepatitis A tidak ada yang khusus, sebab tubuh akan membersihkan virus hepatitis A tersebut.

Pada sebagian besar kasus hepatitis A, hati sembuh dalam waktu enam bulan tanpa kerusakan yang berlangsung lama.

Perawatan biasanya berfokus pada menjaga tanda dan gejala agar tetap aman dan terkontrol. Pasien umumnya perlu melakukan hal-hal di bawah ini:

1. Beristirahat

Banyak orang dengan infeksi hepatitis A merasa lelah dan sakit dan memiliki energi yang lebih sedikit.

2. Kelola rasa mual

Mual bisa membuat sulit makan. Cobalah ngemil sepanjang hari daripada makan makanan lengkap.

Untuk mendapatkan kalori yang cukup, makan lebih banyak makanan berkalori tinggi. Selain itu juga banyak minum jus buah atau susu serta air putih.

Minum banyak cairan penting untuk mencegah dehidrasi jika muntah.

3. Hindari alkohol dan gunakan obat dengan hati-hati

Hati Anda mungkin mengalami kesulitan memproses obat-obatan dan alkohol. Jika Anda menderita hepatitis, jangan minum alkohol. Ini dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan hati.

Bicaralah dengan dokter tentang semua obat yang diminum, termasuk obat bebas.

Terkait

Terkini