Info

4 Kegunaan Pusar di Tubuh, Salah Satunya Membantu Prosedur Medis

Pusar yang keberadaannya sering terabaikan ternyata memiliki banyak kegunaan di tubuh kita.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Perut rata - (Unsplash/@soakedinnirvana)
Perut rata - (Unsplash/@soakedinnirvana)

Himedik.com - Pusar alias udel salah satu zona sensitif seksual area perut yang ternyata memiliki banyak kegunaan di tubuh kita. Pusar menandakan area di mana tali pusat berada.

Menurut Christopher S. Baird, asisten profesor fisika di West Texas A&M University dilansir dari The Healthy, tali pusat ini terhubungan dengan plasenta saat hamil. Selama bayi masih dalam kandungan, tali pusat ini sebagai penyalur nutrisi ibu ke janin.

Karena itu, tali pusat bayi akan dipotong setelah lahir karena tidak memiliki fungsi lagi. Meski begitu bekasnya yang berupa pusar atau udel justru memiliki sejumlah kegunaan di tubuh kita,

Berikut ini daftar kegunaan pusar di tubuh kita, antara lain:

1. Celah utama operasi medis

Pusar merupakan pintu utama di tubuh manusia bagi para ahli bedah. Karena keberadaan pusar dekat dengan kantong empedu. Sehingga ahli bedah sering memulai operasi dengan cara membedah pusar.

Ahli bedah akan membuat sayatan kecil di pusar dan memasukkan laparoskopi, alat seperti teleskop dengan cahaya untuk melihat kondisi di dalam usus tanpa membuka sayatan besar.

Ilustrasi membersihkan pusar. (Shutterstock)
Ilustrasi membersihkan pusar. (Shutterstock)

2. Pusar terhubung ke hati

Tali pusat bertujuan untuk memperlancar peredaran darah, nutrisi dan oksigen dari ibu pada janin yang sedang tumbuh.

Pada dasarnya, tujuan tali pusat adalah untuk melancarkan sirkulasi darah ibu yang kaya nutrisi dan oksigen masuk ke janin yang sedang tumbuh.

Pada janin yang sedang tumbuh, pembuluh darah dan arteri umbilikalis terhubung ke sistem peredaran darah, hati dan kandung kemih. Ketika bayi lahir, udara akan masuk ke dalam paru-paru dan tali pusat dipotong.

Selain itu, bagian dalam pembuluh darah dan arteri umbilikalis juga mengering dan mengeras menjadi semacam ligamen. Salah satu ligamen itulah yang menghubungkan pusar ke organ hati. Peregangan lainnya turun ke pelvis di mana bagian-bagiannya masih berfungsi sebagai bagian dari sistem peredaran darah dekat kandung kemih.

Perut six packs. (Shutterstock)
Perut six packs. (Shutterstock)

3. Sarang bakteri

Pusar juga merupakan sarang bakteri i tubuh kita. Bahkan pusar bagaikan rumah dari keanekaragaman bakteri.

Para peneliti telah mengidentifikasi 2.368 spesies bakteri berbeda yang hidup di pusar 60 relawan. Meskipun delapan spesies bakteri mendominasi microbiome pusar, terhitung ada 45 persen dari total populasi, yang ada.

4. Reproduksi

Menurut sebuah makalah di The FASEB Journal, orang lebih percaya diri jika berbentuk T atau oval. Peneliti juga mengatakan bahwa pusar wanita digunakan untuk menentukan potensi reproduksinya.

Berita Terkait

Berita Terkini