Info

Rumah Sakit Indonesia Berkolaborasi dengan Institusi Medis Mancanegara

Kolaborasi ini diharap dapat meningkatkan kemampuan tenaga kesehatan.

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah

Asia Medical Week di Hotel Tentrem Yogyakarta (Suara.com/Rosiana)
Asia Medical Week di Hotel Tentrem Yogyakarta (Suara.com/Rosiana)

Himedik.com - Bersama dengan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan UGM (FKKMK UGM), RSUP Dr. Sardjito menggelar Asia Medical Week-Indonesian Outreach 1st International Hospital Capacity Building Forum pada 22-23 November 2019, di Hotel Tentrem Yogyakarta.

Acara yang awalnya digagas oleh Zhongshan Hospital, China, ini dihadiri oleh 217 peserta dari berbagai negara, seperti China, Thailand, Bangladesh, Kamboja, Amerika dan Indonesia.

Diadakannya forum internasional ini guna memfasilitasi rumah sakit di Indonesia dan mancanegara untuk memetakan permasalahan-permasalahan medis. Sehingga dapat menghasilkan kerja sama yang mampu meningkatkan kapasitas masing-masing rumah sakit.

Kerjasama ini mencakup tiga hal utama dalam memecahkan ketidakseimbangan yang ada, yaitu kolaborasi dalam hal SDM, infrastruktur, dan teknologi.

Penandatanganan MOU kerjasama (Suara.com/Rosiana)
Penandatanganan MOU kerjasama (Suara.com/Rosiana)

"Bertujuan untuk mempromosikan komunikasi dan kolaborasi medis, yang memberikan peluang sangat baik untuk membangun jaringan dan hubungan dengan institusi medis," tutur Direktur Medik dan Keperawatan RSUP Dr. Sardjito sekaligus Ketua Panitia, Rukmono Siswihanto, di Hotel Tentrem Yogyarakata, Jumat (22/11/2019).

Harapannya, kerja sama antar institusi rumah sakit ini mampu meningkatkan sumber daya manusia melalui pengembangan kapasitas SDM. Mulai dari pendidikan formal maupun non-formal atau pelatihan-pelatihan yang mampu meningkatkan kemampuan tenaga kesehatan.

Selain itu, hasil dari forum kerjasama ini juga dapat diimplementasikan rumah sakit demi meningkatkan akses pelayanan dan mutu pelayanan kesehatan agar menjadi lebih baik.

Berita Terkait

Berita Terkini