Info

Kata Peneliti, Tinggal di Dekat Jalanan Sibuk Tingkatkan Risiko Kebutaan

Jalanan sibuk yang macet dan dipenuhi polusi udara.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi macet. (Pixabay/0532-2008)
Ilustrasi macet. (Pixabay/0532-2008)

Himedik.com - Para ahli menemukan bahwa orang Inggris berisiko lebih besar terhadap kebutaan jika mereka tinggal di dekat jalan yang sibuk dan macet.

Dilansir dari The Sun, mereka yang tinggal di dekat jalan-jalan yang lebih terpolusi adalah enam persen lebih mungkin mengembangkan glaukoma daripada orang-orang yang menikmati banyak udara segar.

Hampir setengah juta orang dewasa memiliki kondisi mata di Inggris, yang mengakibatkan kerusakan permanen pada saraf optik.

Meskipun dapat diobati jika ketahuan dini, glaukoma tetap menjadi salah satu penyebab utama kebutaan secara global.

Para ilmuwan dari University College London menganalisis tanggal lebih dari 110.000 orang Inggris yang lebih tua diberikan tes mata antara 2006 dan 2010.

Mereka yang tinggal di daerah dengan polusi udara terburuk memiliki tingkat glaukoma yang lebih tinggi.

Peneliti utama, Profesor Paul Foster mengatakan belum dapat memastikan bahwa hubungan tersebut bersifat kausal.

Ilustrasi kemacetan. [Shutterstock]
Ilustrasi kemacetan. [Shutterstock]

"Kami berharap untuk melanjutkan penelitian untuk menentukan apakah polusi udara memang menyebabkan glaukoma, dan untuk mengetahui apakah ada strategi penghindaran yang dapat membantu orang mengurangi paparan polusi udara untuk mengurangi risiko kesehatan," ungkapnya.

Para ahli berpikir polusi udara dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah di mata.

Temuan ini, yang diterbitkan dalam jurnal Investigative Ophthalmology & Visual Science, didasarkan pada 111.370 peserta kohort studi UK Biobank yang menjalani tes mata dari 2006 hingga 2010 di lokasi di seluruh Inggris.

Penulis pertama studi tersebut, Dr Sharon Chua dari Institute of Ophthalmology dan Moorfields Eye Hospital, UCL, mengatakan bahwa polusi udara mungkin berkontribusi terhadap glaukoma karena penyempitan pembuluh darah, yang terkait dengan hubungan polusi udara dengan peningkatan risiko masalah jantung.

Kata Peneliti, Tinggal di Dekat Jalanan Sibuk Tingkatkan Risiko Kebutaan - 2

"Kemungkinan lain adalah bahwa partikulat mungkin memiliki efek toksik langsung yang merusak sistem saraf dan berkontribusi terhadap peradangan," ujarnya.

Paparan zat partikulat sendiri diyakini sebagai salah satu prediktor terkuat kematian di antara polusi udara.

Prof Foster menambahkan, "Kami menemukan korelasi yang mencolok antara paparan partikel dan glaukoma. Mengingat ini di Inggris, yang memiliki polusi partikel relatif rendah pada skala global, glaukoma mungkin bahkan lebih kuat dipengaruhi oleh polusi udara di tempat lain di dunia,"

"Dan karena kami tidak memasukkan polusi udara dalam ruangan dan paparan tempat kerja dalam analisis kami, efek nyata mungkin bahkan lebih besar," lanjutnya.

Berita Terkait

Berita Terkini