cancel

Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Rabu, 15 Juli 2020

Tes Deteksi Kanker Paru-Paru, Coba Gabungkan Dua Jari Telunjuk

Menggabungkan dua jari telunjuk dianggap bisa mendeteksi kanker paru-paru dengan cara melihat keberadaan celahnya.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
cloud_download Baca offline
Menggabungkan dua jari untuk deteksi kanker paru-paru (Suara.com/Shevinna Putti)
Menggabungkan dua jari untuk deteksi kanker paru-paru (Suara.com/Shevinna Putti)

Himedik.com - Menggabungkan dua jari telunjuk kanan dan kiri dipercaya dapat mendeteksi kanker paru-paru yang gejalanya sulit dikenali. Cukup dengan melihat celah di antara kedua jari telunjuk yang didempetkan tersebut.

Sebelumnya dilansir dari The Sun, National Health Service (NHS) melaporkan kanker paru-paru termasuk jenis kanker yang paling umum dan berbahaya. Setiap tahunnya, sekitar 47 ribu pasien di Inggris didiagnosis dengan kanker paru-paru yang mengancam jiwa.

Beberapa penderita kanker paru-paru pun mengalami gejala awal yang sulit dikenali. Sampai akhirnya dokter menemukan tes menggunakan jari untuk mengetahui risiko kanker paru-paru.

Caranya, gabungkan kuku telunjuk kanan dan kiri. Lalu lihatlah ada celah di atasnya atau tidak. Jika iya, kondisi paru-paru Anda normal. Sebaliknya jika tidak, ada kemungkinan Anda berisiko kanker paru-paru.

Sebenarnya pemeriksaan menggunakan jari ini tidak cukup untuk mengungkap kanker paru-paru. Tetapi, 35 persen orang dengan kanker paru-paru memiliki tanda tersebut.

Tes jari untuk mengetahui kanker paru-paru atau tidak (Suara.com/Shevinna Putti)
Tes jari untuk mengetahui kanker paru-paru atau tidak (Suara.com/Shevinna Putti)

Tes jari telunjuk ini disebut juga sebagai 'Schamroth window test'. Konsep dari tes ini adalah untuk melihat celah seperti berlian di atas kuku yang digabungkan.

Meski begitu, bukan berarti tidak ada celah artinya Anda menderita kanker paru-paru. Karena, ada dan tidak adanya celah tersebut bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti masalah kuku.

Jadi, Anda membutuhkan pemeriksaan dengan dokter ahli lebih lanjut untuk mengetahui apakah kanker paru-paru benar atau tidak. Adapun gejala kanker paru-paru yang biasanya terjadi menurut NHS antara lain :

Terkait

Terkini