Info

Cegah Kantuk setelah Makan dengan Lakukan 5 Hal Ini

Akibat peningkatan insulin, tubuh akan menghasilkan hormon tidur yang diubah menjadi serotonin dan melatonin di otak.

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah

Ilustrasi makan siang (Pixabay/rawpixel)
Ilustrasi makan siang (Pixabay/rawpixel)

Himedik.com - Mengantuk setelah makan besar di siang hari umumnya terjadi akibat pankreas memproduksi insulin untuk mengatur gula darah.

Jadi, semakin berat makanan, semakin tinggi produksi insulin, yang akan meningkatkan kadar gula darah. Akibat peningkatan insulin ini, tubuh akan menghasilkan hormon tidur yang diubah menjadi serotonin dan melatonin di otak.

Agar produktivitas di siang hari tidak terganggu, Anda dapat melakukan berbagai cara di bawah ini untuk mencegah rasa kantuk yang dilansir Food.ndtv.com.

1. Jangan duduk, lebih baik berjalan-jalan

Jangan langsung kembali bekerja tepat setelah Anda makan, yang perlu dilakukan adalah berjalan-jalan di tempat atau naik tangga.

Pergerakan ini akan membantu tubuh meningkatkan oksigen dalam darah dan meningkatkan tingkat energi Anda.

2. Kunyah permen karet

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Physiology and Behavior, mengunyah permen karet dapat mengurangi kelelahan dan memastikan kewaspadaan Anda meningkat.

Kunyah permen karet setidaknya selama lima menit agar merasa berenergi lagi.

Ilustrasi tidur setelah makan. (Shutterstock)
Ilustrasi mengantuk setelah makan (Shutterstock)

3. Minum air yang cukup

Dehidrasi dapar menyebabkan kantuk, kelelahan, suasana hati yang rendah dan kesulitan berkonsentrasi. Pastikan Anda minum cukup air sepanjang hari.

4. Kontrol porsi

Makan berlebihan dapat dengan mudah menyebabkan tubuh lesu dengan memperlambat pencernaan, yang selanjutnya memberi Anda perasaan tidak nyaman dan kembung.

Oleh sebabnya, mengatur porsi makan dapat menghindarkan Anda dari rasa kantuk dan lesu serta mengatur kadar gula darah.

5. Hindari gula dan lemak

Cobalah untuk tidak mengonsumsi gula dan lemak yang ada dalam makanan olahan untuk menghindari jatuhnya energi. Gula dapat memberikan dorongan energi awal tetapi akan cepat hilang, membuat Anda merasa sangat lelah dan mengantuk.

Berita Terkait

Berita Terkini