cancel

Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Senin, 21 September 2020

Awas, Makanan Ini Bikin Sering Kentut

Makanan ini membuat gas terperangkap dalam perut dan menyebabkan ingin kentut.

Yasinta Rahmawati
cloud_download Baca offline
Ilustrasi sakit perut karena menahan kentut. (shutterstock)
Ilustrasi sakit perut karena menahan kentut. (shutterstock)

Himedik.com - Usai makan tentu perut terasa penuh dan kadang hasrat ingin kentut pun muncul. Kentut memang melegakan, namun jika terjadi terlalu sering tentu bakal mengganggu orang sekitar.

Tahukah kamu? bahwa sering kentut bisa terjadi karena beberapa makanan yang kita santap membuat produksi gas kentut meningkat.

Seperti dilansir dari Well and Good, ahli gastroenterologi Niket Sonpal mengungkap deretan makanan yang membuat kita ingin kentut.

1. Kacang
Kacang-kacangan mengandung banyak serat, tetapi mereka juga memiliki gula yang disebut alpha oligosaccharides. Mereka diambil oleh bakteri dari usus besar yang dalam prosesnya membuat Anda kentut. Bagi yang tidak sering mengonsumsi kacang-kacangan mungkin akan mengalami kembung dan ketidaknyamanan di perut.

2. Minuman berkarbonasi
Minuman berkarbonasi dapat memicu kentut sebab akan membuat Anda menelan banyak udara, di mana udara tersebut kemudian terjebak di saluran pencernaan. Sehingga satu-satunya cara untuk mengeluarkan gas tersebut adalah dengan kentut.

Ilustrasi soda diet. (Unsplash/CorrieMiracle)
Ilustrasi soda diet. (Unsplash/CorrieMiracle)

3. Permen karet
Dengan mengunyah permen karet, udara pun akan ikut tertelan dan terperangkap dalam perut. Itulah yang membuat Anda ingin kentut setelah mengunyah permen karet.

4. Brokoli, kangkung dan kol
Ketiga sayuran tersebut mengandung polisakarida, karbohidrat yang menyebabkan kembung. Cobalah beralih ke sayuran lain seperti bayam dan selada untuk menambah serat.

5. Susu dan produk olahan susu
Dr. Sonpal mengatakan bahwa toleransi semua orang terhadap laktosa tidaklah sama. Bagi mereka yang intoleransi terhadap laktosa, akan mengalami kentut yang lebih banyak usai mengonsumsinya.

Terkait

Terkini