cancel

Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Rabu, 23 September 2020

Sering Merasa Kesulitan Tidur? Hati-Hati Terserang 5 Masalah Kesehatan Ini

Kebiasaan begadang karena kesulitan tidur bisa menandakan adanya masalah kesehatan fisik maupun mental.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
cloud_download Baca offline
Ilustrasi tidur nyenyak. (Arkadia Digital Media/Ema Rohimah)
Ilustrasi tidur nyenyak. (Arkadia Digital Media/Ema Rohimah)

Himedik.com - Banyak orang mengira kesulitan tidur tanda insomnia, stres dan semacamnya. Padahal kondisi ini tak seharusnya diabaikan karena bisa jadi tanda adanya masalah kesehatan.

Akibat kebiasaan mengabaikan itulah orang-orang tak sadar bahwa dirinya memiliki masalah kesehatan fisik maupun mental yang perlu segera ditangani.

Melansir dari The Healthy, berikut ini masalah kesehatan yang mungkin terjadi jika Anda kesulitan tidur di malam hari.

1. Inkontinensia urine

Inkontinensia urine atau mengompol lebih sering memengaruhi wanita daripada pria. Kondisi ini sangat memengaruhi kualitas tidur mereka di malam hari.

Anda tidak harus menggunakan popok dewasa agar bisa tidur nyenyak. Caranya, ubah pola makan dan gaya hidup untuk membantu mengendalikan kandung kemih, termasuk mengurangi asupan kafein.

2. Migrain

Sakit kepala juga bisa menyebabkan Anda kesulitan tidur nyenyak. Tetapi, begadang juga bisa memperburuk sakit kepala Anda.

Dalam kondisi ini, Anda disarankan untuk tetap terhidrasi, konsumsi makanan gizi seimbang dan tetap aktif. Karena hal tersebut bisa membantu mengurangi migrain.

Ilustrasi insomnia (shutterstock)
Ilustrasi insomnia (shutterstock)

3. Kekurangan magnesium

Sejumlah penelitian telah menunjukkan efektivitas magnesium dalam meningkatkan suasana hati dan membantu tidur lebih nyenyak.

Kebanyakan orang kurang memperhatikan asupan magnesiumnya, sehingga hal tersebut bisa menyebabkan mereka kesulitan tidur nyenyak.

Selain itu, kekurangan magnesium juga menyebabkan ketegangan otot, iritabilitas saraf, lonjakan adrenal, penurunan produksi serotonin dan kram otot.

4. Masalah hidung

Orang yang menderita sinus kronis biasanya memiliki masalah kesulitan tidur nyenyak. Karena idealnya, orang harus bernapas melalui hidung selama tidur.

Sehingga hidung tersumbat bisa menyebabkan mereka kesulitan bernapas melalui hidung. Kondisi ini juga menyebabkan mereka sering tidur mendengkur.

5. Depresi

Banyak orang yang mengalami depresi juga kesulitan tidur di malam hari. Jika sulit tidur disertai gejala lain seperti perubahan suasana hati, tidak tertarik pada kegiatan sebelumnya dan kenaikan atau penurunan berat badan, lebih baik mencari terapis.

Gangguan Kecemasan Umum (GAD) juga bisa menyebabkan masalah kesulitan tidur. Kondisi ini biasanya disertai rasa khawatir berlebihan, nyeri otot dan mudah marah.

Terkait

Terkini