Info

Menyebabkan Kanker, Ketahui Makanan dan Minuman yang Bersifat Karsinogenik

Meski berkontak dengan sesuatu yang bersifat karsinogenik, bukan berarti Anda akan langsung terkena kanker.

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah

Ilustrasi daging babi - (Pixabay/RitaE)
Ilustrasi daging babi - (Pixabay/RitaE)

Himedik.com - Salah satu zat yang dapat menyebabkan kanker adalah zat karsinogen. Zat ini bisa saja terkandung di udara, produk yang digunakan, atau di dalam makanan serta minuman.

"Sederhananya, karsinogen adalah sesuatu yang menyebabkan kanker," kata juru bicara Cancer Council NSW dan manajer program nutrisi, Clare Hughes.

Tetapi, meski Anda berkontak dengan sesuatu yang bersifat karsinogenik, bukan berarti Anda akan langsung terkena kanker.

"Makanan karsinogenik, misalnya alkohol, daging olahan, dan daging merah," sambung Hughes, melansir Huffington Post.

Hal yang harus diingat tentang karsinogenik adalah bahwa makanan ini hanya menunjukkan kaitannya dengan kanker, bukan menunjukkan berapa banyak kanker yang disebabkan oleh makanan.

Ilustrasi daging olahan (Shutterstock)

Agar lebih tahu, berikut makanan atau minuman berkarsinogenik yang kemungkinan Anda konsumsi sehari-hari dan tidak Anda sadari.

Daging olahan seperti bacon, sosis, hot dog, pepperoni, dendeng dan salami. Intinya adalah daging apa saja yang telah diawetkan dengan cara diasinkan atau diasap, atau dengan menambahkan bahan pengawet kimia.

  • Minuman beralkohol
  • Makanan yang dibakar
  • Daging merah, termasuk daging sapi, sapi muda, babi, domba, kambing.
  • Minuman yang dipanaskan di atas 65 derajat Celcius.
  • Udara dan air yang tercemar.

"Ada berbagai macam cara jenis karsinogen yang berbeda menyebabkan perkembangan kanker dalam tubuh seseorang," jelas Hughes.

Misalnya, alkohol dikategorikan dalam grup karsinogen. Berarti, seperti daging olahan, bukti bahwa alkohol dapat dikaitkan dengan kanker sangat kuat. Terutama kanker mulut, tenggorokan, payudara, hati, dan usus.

Alasan mengapa alkohol dikaitkan dengan kanker adalah karena alkohol dapat merusak lapisan mulut dan tenggorokan, menyebabkan kanker di bagian-bagian tubuh ini.

Berita Terkait

Berita Terkini