Info

Tak Perlu Pusing, Ini 4 Cara Mudah Membasmi Semut

Mengusir semut bisa dilakukan dengan beberapa cara.

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah

Ilustrasi semut. (Pixabay)
Ilustrasi semut. (Pixabay)

Himedik.com - Meski ukurannya kecil, semut bisa menjadi serangga yang menyebalkan. Hanya karena remah-remah sisa makanan, lantai pun sudah penuh dengan koloni hewan ini. 

Mereka pun sangat mudah membuat sarang di mana-mana, baik di dalam dinding maupun di sekitar meja.

Agar rumah Anda terbebas dari semut-semut ini, ada beberapa hal yang perlu dilakukan daripada sekadar melindungi makanan dengan kapur serangga atau semprotan pestisida.

Melansir Life Hacker, berikut cara yang dapat Anda lakukan untuk membasmi semut.

1. Cari tahu dari mana asalnya

Alih-alih hanya mengusir semut ketika Anda melihatnya, lebih baik cari tahu dari mana mereka berasal.

Jika Anda menemukan sumbernya, bersihkan. Setelah sumber makanan mereka dihilangkan, semut-semut itu mungkin kehilangan minat dan pergi sendiri.

Ilustrasi semut. (Unsplash/Guillaume de Germain)
Ilustrasi semut. (Unsplash/Guillaume de Germain)

2. Matikan jejak

Semut cenderung keluar dari sarang bersama koloni mereka dan akan meninggalkan jejak feromon sehingga teman-temannya dapat mengikuti dan menemukan sumber makanan.

Marybeth Jones dari Country Living merekomendasikan untuk menggunakan larutan cuka. Caranya campurkan cuka dengan air dengan perbandingan 1:3 dan semprot di area banyak semut.

3. Tutup titik masuk

Anda juga ingin memastikan bahwa mereka tidak bisa masuk dari luar. Menurut orang-orang di DoMyOwn, semut umumnya akan membuat sarang di retakan dan celah di sekitar kusen jendela dan di tempat-tempat lain yang terlihat keropos.

Segel lubang tersebut menggunakan jaring tembaga atau bahan lainnya.

4. Gunakan penghilang serangga

Sekarang saatnya menggunakan sesuatu yang akan mengusir semut dari rumah Anda.

Anda dapat menggunakan semprotan yang mengandung asam borat, namun Anda harus memeriksa labelnya dahulu apakah bahan tersebut beracun untuk anak serta hewan peliharaan atau tidak. Juga, perhatikan apakah semprotan itu untuk penggunaan indoor atau outdoor, dan gunakan sesuai caranya.

Namun, tidak semua orang aman untuk dalam menggunakan semprotan kimia.

Ilmuwan senior Consumer Reports, Michael Hansen, Ph.D. , seorang ahli biologi dan ekologi mengungkapkan , "Saya berpendapat bahwa semprotan penghalang serangga tidak efektif terhadap semut dan pembunuhan berlebihan."

Hansen merekomendasikan untuk menggunakan bahan alami, seperti bedak bayi, bubuk kopi, mint, tepung jagung, dan rempah-rempah.

Berita Terkait

Berita Terkini