cancel

Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Jum'at, 07 Agustus 2020

Apakah Ear Candle Efektif Membersihkan Telinga? Ini Faktanya

Diklaim sangat bermanfaat, apakah ear candle benar-benar membersihkan telinga?

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah
cloud_download Baca offline
Ear candle (Freepik)
Ear candle (Freepik)

Himedik.com - Anda tentu pernah mendengar terapi ear candle bukan? Terapi ini diklaim mampu membersihkan telinga serta mengurangi sinusitis, pilek, sakit kepala hingga menghilangkan stres.

Menurut terapis, lilin yang digunakan mampu mengangkat kotoran hingga keluar dari telinga lalu menempel di rongga dalam lilin tersebut.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Laryngoscope, menunjukkan kotoran yang menggumpal di dalam rongga lilin justru sisa zat dari lilin itu sendiri, bukan kotoran telinga.

Bahkan, melansir Verywell Health, selain tidak mengangkat kotoran, ear wax ini justru menyebabkan zat lilin tersimpan di dalam telinga.

Berdasarkan pernyataan Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA), menggunakan ear wax yang menyala di dekat wajah itu berbahaya.

Tak hanya itu, mereka menilai ini berisiko tinggi menyebabkan luka bakar pada kulit atau rambut serta kerusakan telinga. Bahkan ketika digunakan sesuai prosedur.

Ear candle (Freepik)
Ear candle (Freepik)

Risiko potensial serius yang dapat terjadi karena ear candle seperti:

Efek merugikan yang paling sering dilaporkan dari terapi ear candle selama ini adalah luka bakar.

Dalam sebuah laporan kasus yang terbit di Canadian Family Physician menyatakan seorang wanita berusia 50 tahun mengalami kerusakan telinga akibat terapis tidak sengaja menumpahkan lelehan lilin ke telinganya.

Lelehan tersebut menetes ke dalam telinga dan menyebabkan perforasi di gendang telinganya.

Terkait

Terkini