Info

Konsumsi Mulai Sekarang, 4 Manfaat Seledri untuk Kesehatan

Seledri biasa kita temui dalam semangkuk bakso ternyata memiliki banyak manfaat.

Yasinta Rahmawati

Seledri. (Pixabay)
Seledri. (Pixabay)

Himedik.com - Mengonsumsi seledri dalam bentuk jus menjadi tren belakangan ini. Banyak yang menganjurkan untuk meminum jus seledri di pagi hari saat perut masih kosong karena diklaim akan membawa beberapa manfaat.

Meski begitu, sayuran hijau dengan wangi khas ini juga tak kalah bermanfaat bila dikonsumsi langsung. Seperti dilansir dari Health, berikut manfaat seledri untuk kesehatan.

1. Seledri rendah kalori dan menghidrasi
Satu tangkai besar seledri mengandung hanya 7 kalori dan sebagian besar terdiri dari air. Penelitian pun menunjukkan bahwa tindakan mengunyah seledri mengurangi rasa lapar dan meningkatkan pelepasan hormon yang memicu rasa kenyang.

2. Seledri memberikan nutrisi utama
Seledri menyediakan beberapa vitamin dan mineral penting. Vitamin A sayuran mendukung kekebalan, kulit, dan kesehatan mata, dan dikaitkan dengan mempertahankan kekuatan paru-paru serta memperlambat penurunan kognitif yang berkaitan dengan usia.

Vitamin K seledri membantu darah menggumpal dan melindungi kepadatan tulang. Nutrisi ini diperlukan untuk pembentukan tulang. Selain itu, seledri juga mengandung vitamin C dan B, folat, kalium, kalsium serta magnesium.

Ilustrasi seledri. (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi seledri. (Sumber: Shutterstock)

3. Seledri kaya akan antioksidan dan senyawa bioaktif lainnya
Seledri mengandung lebih dari selusin jenis antioksidan dan puluhan zat anti-inflamasi yang kuat. Senyawa ini dianggap melindungi tubuh terhadap kerusakan sel yang dapat menyebabkan penuaan dini dan penyakit.

Zat alami dalam seledri juga terbukti membantu mengoptimalkan sirkulasi dan mengurangi tekanan darah .

4. Seledri mendukung kesehatan pencernaan
Serat dalam seledri mendukung kesehatan usus yang baik dan keteraturan usus. Ini juga meningkatkan rasa kenyang dan menunda kembalinya rasa lapar.

Berita Terkait

Berita Terkini