Info

Hempaskan Masalah Jamur Kaki, Gunakan 2 Jenis Minyak Esensial Ini

Dua jenis minyak esensial dari pohon teh dan lemon ini bisa membantu mengatasi masalah jamur kaki.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi telapak kaki. (Pixabay/xavalox)
Ilustrasi telapak kaki. (Pixabay/xavalox)

Himedik.com - Semua orang pasti merasa jengkel dan malu jika memiliki masalah jamur kaki. Penyakit kulit yang tidak membahayakan nyawa ini memang cukup mengganggu penampilan.

Kondisi ini juga dikenal sebagai 'tinea pedicle'. Artinya, infeksi jamur kaki yang sangat umum pada manusia, yaitu sekitar 15 persen dari populasi dunia.

Infeksi jamur kaki ini disebabkan jamur Microsporum dan Trichophyton epidermophyton dari keluarga dermatofita. Jamur ini dapat menyebar ke kuku, tangan, selangkangan, hingga bawah ketiak.

Adapun gejala infeksi jamur kaki seperti yang dilansir dari Plants Hospital, antara lain gatal, peradangan, radang kulit, dan bau menyengat.

Penyakit kulit ini dapat disebabkan karena organisme jamur memasuki tubuh melalui luka kecil di kulit. Kondisi ini pun lebih rentan dialami pria, terutama mereka yang sering berkeringat dan menggunakan sepatu.

Sejauh ini, penyakit ini bisa diatasi dengan salep antijamur, lotion, dan krim. Namun, Anda juga bisa memakai minyak esensial pohon teh dan minyak esensial lemon untuk mengatasinya.

Ilustrasi kaki (shutterstock)
Ilustrasi kaki (shutterstock)

Lantas, bagaimana cara pemakainnya? Berikut rangkumannya.

1. Minyak pohon teh

Minyak pohon teh disebut juga melaleuca yang berasal dari Australia. Minyak pohon teh ini adalah minyak terbaik untuk membunuh jamur dan membersihkan kulit agar tidak menjadi tempat jamur berkembang.

Caranya, tambahkan tiga tetes minyak pohon teh ini dalam satu sendok makan minyak almond. Gunakan campuran minyak esensial ini untuk memijat kaki yang terkena sebanyak dua kali sehari.

2. Minyak lemon

Minyak esensial lemon mempunyai banyak manfaat medis karena bersifat antivirus, antiseptik, dan antijamur. Minyak ini membantu mempercepat sistem pencernaan, memperkuat kekebalan tubuh, dan meningkatkan proses pernapasan.

Kaitannya dengan jamur kaki, minyak essensial lemon ini dapat memperbaiki kondisi kulit yang rusak. Caranya adalah dengan menambahkan delapan tetes minyak lemon dan minyak zaitun ke satu liter air hangat.

Setelahnya, rendam kaki yang terkena infeksi jamur ke campuran minyak tersebut selama kira-kira 20 menit. Anda bisa mengulangi metode ini setiap malam sampai masalah hilang.

Berita Terkait

Berita Terkini