Info

3 Minuman Ini Mampu Membuat Ginjal Lebih Sehat, Apa Saja?

Jaga kesehatan ginjal dengan lebih 'bijaksana dalam air'.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Rosiana Chozanah

Ilustrasi ginjal. (shutterstock)
Ilustrasi ginjal. (shutterstock)

Himedik.com - Kesehatan ginjal bisa ditingkatkan melalui berbagai cara. Salah satunya dengan mengonsumsi minuman yang bagus untuk organ penting ini.

Jaga kesehatan ginjal dengan 'bijaksana dalam air'. Ini berarti meminum air dalam jumlah yang tepat untuk tubuh masing-masing.

Kesalahpahaman umum yang hingga sekarang masih dipercaya adalah setiap orang harus minum delapan gelas air per hari. Tetapi karena setiap orang berbeda, kebutuhan air setiap hari akan berbeda-beda per orang.

Seberapa banyak air yang Anda butuhkan didasarkan pada perbedaan usia, iklim, intensitas olahraga, serta keadaan kehamilan, menyusui, hingga penyakit.

Selain itu, ada juga beberapa minuman yang rupanya bagus untuk menjaga kesehatan ginjal, melansir Huffington Post.

1. Anggur

Mengonsumsi anggur secara moderat bisa menjaga kesehatan ginjal dan melindungi jantung pada pasien yang sudah mempunyai penyakit ginjal. Hal ini disebutkan dalam penelitian yang dipresentasikan saat pertemuan National Kidney Foundation.

Ilustrasi sakit pinggang karena penyakit ginjal. (Shutterstock)
Ilustrasi sakit pinggang karena penyakit ginjal. (Shutterstock)

Para peneliti menemukan, orang yang minum kurang dari satu gelas anggur sehari punya prevalensi 37 persen lebih rendah terkena penyakit ginjal kronis daripada mereka yang tidak minum anggur sama sekali.

2. Jus Cranberry

Minuman merah asam ini baik untuk kesehatan saluran kemih dan ginjal Anda. Cranberry mengandung senyawa yang dapat membunuh e. coli, bakteri penyebab infeksi saluran kemih (ISK) (80 hingga 90 persen kasus).

Sebagian besar ISK berada di kandung kemih. Namun kalau tidak diobati dengan cepat, penyakit ini dapat menyebar ke ureter dan masuk ke ginjal. Itu bisa menyebabkan infeksi ginjal yang lebih serius dan menyakitkan, yaitu pielonefritis.

Minum air putih di pagi hari. (Shutterstock)
Minum air putih di pagi hari. (Shutterstock)

3. Air

Air sangat penting bagi kehidupan. Air melakukan banyak fungsi penting dalam tubuh seperti membuang racun, mengangkut nutrisi, serta mengatur suhu tubuh.

Minum banyak air membantu ginjal berfungsi dengan baik, mampu menyaring limbah dan racun dari darah dengan mengeluarkannya dalam bentuk urine.

Berita Terkait

Berita Terkini