Info

Makan 2 Buah Apel Tiap Hari Bisa Turunkan Kolesterol, Ini Penjelasannya

Penelitian menemukan bahwa makan 2 buah apel setiap hari bisa menurunkan kadar kolesterol daripada minum jus.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi buah apel. (Pixabay/pixel2013)
Ilustrasi buah apel. (Pixabay/pixel2013)

Himedik.com - Ada banyak manfaat kesehatan dari buah apel. Bahkan manfaat makan dua buah apel setiap hari berbeda dengan minum jus apel secara rutin.

Sebuah penelitian menunjukkan orang dewasa yang rutin makan apel setiap hari bisa menurunkan kadar kolesterolnya hingga 4 persen dibandingkan minum jus. Hal itu karena apel kaya akan serat dan nutrisi mikro sehat yang disebut polifenol.

Para ahli berpikir apel memainkan peran penting dalam mengurangi kolesterol tinggi yang diketahui berkontribusi pada pengerasan dan penyempitan pembuluh darah. Jika dibiarkan, kondisi pembuluh darah yang bermasalah itu bisa meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

Penelitian di American Journal of Clinical Nutrition pun telah membuktikan fakta ini terhadap 40 orang. Peneliti membagi peserta menjadi dua kelompok, setengah makan dua apel sehari dan setengah lainnya hanya minum jus apel.

Setelah 2 bulan, kadar kolesterol kelompok yang makan dua apel sehari lebih kecil daripada yang hanya minum jus. Perbedaan hasil pemeriksaan kadar kolesterol dua kelompok tersebut yakni 5,89 dan 6,11.

buah apel (shutterstock)
buah apel (shutterstock)

"Salah satu temuan yang jelas dari penelitian ini adalah perlu perubahan kecil sederhana dalam diet kita, seperti makan dua buah apel setiap hari mungkin berdampak baik pada kesehatan jantung," jelas dr Thanasis Koutsos, dikutip dari The Sun.

Meski begitu, Thanasis Koutsos juga belum paham kandungan serta dan polifenol dalam buah apel memberikan efek positif secara langsung pada penurunan kadar kolesterol tubuh ini atau tidak.

Sebelumnya, jutaan orang Inggris memilih menggunakan statin setiap hari untuk mengendalikan kadar kolesterolnya. Namun, satu dari 5 pasien justru mengeluhkan nyeri otot akibat perawatan tersebut.

Karena itu, para ahli menyarankan orang menurunkan kolesterol dengan buah apel yang dampaknya jauh lebih kecil daripada statin.

Berita Terkait

Berita Terkini