Info

Rambut Putih sebelum Usia 30 Tahun, Bisa Jadi 4 Masalah Kesehatan Ini!

Rambut putih sebelum usia 30 tahun bisa tanda beberapa masalah kesehatan dan kebiasaan buruk.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Rambut beruban (shutterstock)
Rambut beruban (shutterstock)

Himedik.com - Umumnya, rambut seseorang akan mulai menjadi putih setelah bertambah tua. Tetapi, beberapa orang bisa saja memiliki uban atau rambut putih ketika masih muda atau di bawah usia 30 tahun.

Sebenarnya, munculnya uban bisa jadi faktor genetik. Namun, rambut ubanan yang muncul lebih cepat sebelum usia 30 tahun bisa jadi masalah lain.

Apalagi kalau rambut putih muncul bukan karena faktor genetik atau tidak ada saudara kandung yang mengalami hal serupa.

Melansir dari Healthylifetricks.org, ada beberapa alasan masalah kesehatan dan kebiasaan yang menyebabkan seseorang memiliki rambut putih sebelum usia 30 tahun.

1. Penyakit jantung

Rambut yang memutih sebelum diperkirakan secara alami dapat menandakan tanda-tanda awal penyakit jantung. Anda bisa memastikannya dengan mengunjungi ahli jantung.

Ilustrasi rambut ubanan (shutterstock)
Ilustrasi rambut ubanan (shutterstock)

2. Akumulasi peroksida

Rambut yang memutih addalah proses alami yang terjadi karena semua folikel rambut menghasilkan sejumlah kecil hidrogen peroksida. Rambut ubanan ini juga suatu kondisi yang bisa diobati dengan senyawa aktif UVB yang digunakan untuk gangguan pigmentasi kulit.

3. Kekurangan vitamin D3 dan B12

Rambut bisa berubah putih juga karena kekurangan vitamin D3 dan B12. Jika benar, Anda bisa mengubah pola makan dengan cara menghentikan atau memperlambat proses rambut menjadi putih. Vitamin yang disebutkan ini bertanggung jawab untuk memproduksi melanin, zat yang memberi warna kulit dan rambut.

4. Merokok

Kebiasaan buruk merokok juga menyebabkan rambut menjadi putih sebelum waktunya. Hal ini membuktikan bahwa perokok bisa memiliki rambut putih lebih cepat daripada mereka yang tidak merokok.

Selain itu, merokok juga bisa menyebabkan kerontokan rambut sejak dini. Supaya warna rambut membaik, Anda bisa menghentikan kebiasaan merokok.

Berita Terkait

Berita Terkini