Info

Jaga Tubuh Tetap Fit, Ini 5 Tips agar Tidak Sakit saat Liburan

Jangan sampai liburan Anda kacau karena jatuh sakit.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi liburan aman dan sehat. (pixabay/rawpixel)
Ilustrasi liburan aman dan sehat. (pixabay/rawpixel)

Himedik.com - Musim libur Natal dan Tahun Baru sebentar lagi tiba, sudah memiliki rencana untuk bepergian? Liburan memang membawa bahagia, namun di sisi lain risiko paparan kuman di tubuh yang dapat membuat sakit juga makin besar.

Belum lagi dengan pola makan dan aktivitas yang berubah selama liburan. Jangan sampai tubuh Anda tidak siap untuk menangkalnya dan berujung sakit selama liburan.

Tapi jangan risau! Dirangkum dari Momtastic, berikut cara menghindari sakit selama liburan.

1. Cukup tidur
Ada hubungan kuat antara kesehatan yang baik dan istirahat yang baik . Tidur membantu fungsi otak Anda dengan baik, terlibat dalam penyembuhan dan perbaikan jantung dan pembuluh darah, membantu mengurangi risiko penyakit tertentu seperti diabetes dan penyakit jantung, dan banyak lagi.

2. Pastikan untuk tetap terhidrasi
Dehidrasi tidak hanya membuat Anda lebih rentan terhadap infeksi, tetapi juga membuat tubuh Anda lebih sulit pulih jika terinfeksi. Maka dari itu, minumlah banyak air dan pastikan air tersebut matang dan bersih.

Bujet minim tapi pengin liburan dadakan
Bujet minim tapi pengin liburan dadakan

3. Banyak bergerak
Saat liburan di tempat dengan udara yang dingin, doronglah tubuh untuk aktif bergerak. Sebab dengan banyak berativitas akan mengurangi jumlah pilek dan virus yang Anda dapatkan serta membantu meningkatkan sirkulasi dan melawan sel-sel kekebalan tubuh.

4. Menjaga asupan makanan
Liburan identik dengan wisata kuliner. Makanan lezat memang nikmat, namun penting untuk menjaga pola makan yang sehat dan seimbang. Jangan lupa untuk memenuhi asupan makanan kaya antioksidan dan vitamin ya. Sayuran dan buah-buahan jangan sampai ditinggalkan.

5. Menjaga kebersihan saat bepergian
Bepergian saat liburan tentu akan bersentuhan dengan sejumlah besar orang dan dapat meningkatkan risiko Anda sakit. Jika Anda bepergian dengan transportasi umum seperti kereta atau pesawat, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan. Hal itu bisa dimulai dengan cara paling sederhana, yakni rajin mencuci tangan.

Berita Terkait

Berita Terkini