Info

Sebaiknya Jangan Diabaikan, Ini 4 Tanda Nyeri Usus Mengkhawatirkan

Nyeri usus yang terjadi secara terus-menerus ada baiknya untuk segera diperiksakan.

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah

Ilustrasi usus besar. (Shutterstock)
Ilustrasi usus besar. (Shutterstock)

Himedik.com - Sama halnya dengan rasa nyeri di bagian tubuh lain, ada gejala dari nyeri usus yang seharusnya tidak boleh kita abaikan. Sebab, mungkin saja gejala tersebut menunjukkan masalah yang jauh lebih serius kedepannya.

Melansir Bright Side, berikut gejala yang harus Anda perhatikan dan langsung konsultasikan pada dokter jika mengalaminya.

1. Nyeri perut

Kondisi ini dapat terjadi ketika kita mengonsumsi makanan yang salah. Namun, apabila Anda sering merasa sakit yang terus meningkat di perut bagian bawah, kemungkinan Anda menderita beberapa penyakit radang usus seperti Chron, Kolitis ulseratif, divertikulitis, sindrom iritasi usus atau kanker.

2. Sembelit

Jika Anda sering mengalami sembelit dan merasakan sakit saat buang air besar, kemungkinan ini adalah gejala divertikulitis atau sindrom iritasi usus.

Sindrom iritasi usus merupakan penyakit kompleks di mana gejalanya berkaitan dengan hal-hal seperti diare, kembung, nyeri, dan mengeluarkan gas.

Terkadang pola makan yang tepat dapat menyembuhkan kondisi ini, tetapi jika diabaikan untuk waktu yang lama, operasi adalah salah satu cara penyembuhannya.

Ilustrasi usus, organ dalam tubuh (Pixabay/Elionas2)
Ilustrasi usus, organ dalam tubuh (Pixabay/Elionas2)

3. Diare

Berbagai penyakit usus besar berhubungan dengan diare, antara lain seperti Chron, divertikulitis, hingga sindrom iritasi usus.

Jika kondisi ini berlangsung lebih dari 24 jam, langsung periksakan ke dokter dan kemungkinan dokter akan menyarankan kolonoskopi untuk penyembuhannya.

4. Kelelahan

Jika usus tidak berfungsi dengan baik, tubuh akan kekurangan nutrisi, mineral, dan vitamin. Sehingga membuat tubuh merasa lelah dan menyebabkan masalah tidur.

Apabila Anda tiba-tiba merasa kelelahan walaupun hanya menghabiskan waktu di rumah, kemungkinan ini disebabkan oleh kolitis atau Chron.

Cara menjaga agar usu tetap sehat adala dengan makanan kaya serat. Seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan. Kurangi juga konsumsi daging merah, makanan yang digoreng, gula, alkohol dan kopi.

Berita Terkait

Berita Terkini