Info

Kaleidoskop Kesehatan 2019: Deretan Kasus Tumor dari Jinak hingga Langka

Tumor menjadi kondisi yang dapat berubah serius dan membahayakan nyawa.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi tumor otak. (shutterstock)
Ilustrasi tumor otak. (shutterstock)

Himedik.com - Tumor merupakan jaringan abnormal yang padat atau berisi cairan. Secara garis besar, tumor dibedakan menjadi tiga jenis, yakni jinak, semi ganas dan ganas. Sepanjang tahun 2019, berita tentang penyakit tumor masih banyak bermunculan. Berikut rangkumannya!

1. Perut Besar Bak Ibu Hamil, Ternyata Wanita Ini Punya Tumor 34 Kg
Seorang wanita asal China memiliki benjolan besar di perutnya. Setelah diperiksa dokter, ternyata benjolan di perutnya itu sebenarnya tumor seberat 34 kg.

Wanita 59 tahun yang dikenal sebagai Huang itu sudah memiliki benjolan tumor raksasa tersebut selama bertahun-tahun. Namun, ia selalu mengabaikan dan tak menyadarinya. Huang baru dibawa ke rumah sakit oleh keluarganya setelah mengalami kesulitan bernapas.

2. Alami Tumor Otak, Payudara Lelaki Ini Membesar dan Keluarkan ASI
Lelaki asal China bernama Wang dilaporkan memiliki tumor otak seukuran kacang polong. Hal ini membuatnya mengalami kondisi langka, di mana payudaranya bertumbuh hingga ukuran cup B, bahkan payudaranya mengeluarkan ASI.

Ilustrasi dada lelaki. (Shutterstock)
Ilustrasi dada lelaki. (Shutterstock)

Tak hanya itu, bobot lelaki berusia 25 tahun ini juga naik hingga 55 pound (setara 30 kg) dan ia harus mengalami disfungsi ereksi.

3. Wanita Ini Alami Migrain dan Flu Sebulan, Ternyata Ada 5 Tumor di Otaknya
McKennah Carter, seorang wanita 20 tahun mengalami flu disertai sakit kepala tanpa henti. Setelah diperiksa, ternyata Carter memiliki 5 tumor sekaligus di otaknya.

Sebelumnya, McKennah Carter pernah didiagnosis kanker kulit melanoma tahap satu pada 2017 silam. Saat itu ia sudah menghilangkan tahi lalat ganas di punggungnya. Rupanya, penyakit tersebut belum sepenuhnya hilang dari tubuhnya.

4. Kasus Tumor Langka, Dagu dan Hidung Wanita Ini Terus Tumbuh
Rebecca Churan dari Ontario, Kanada memperhatikan bahwa bentuk wajahnya terus berubah, terutama di bagian hidung dan dagu.

Rebecca Churan pengidap tumor hipofisis. (Instagram/@beccachuran)
Rebecca Churan pengidap tumor hipofisis. (Instagram/@beccachuran)

Tak hanya itu, kakinya pun ikut tumbuh meski ia sudah berada di usia dewasa. Dokter pun awalnya mendiagnosis Rebecca dengan diabetes dan Polycystic Ovary Syndrome (PCOS).

Sayangnya, diagnosis tersebut salah besar. Lewat sebuah tes darah sederhana, menunjukkan bahwa Rebecca memiliki kasus tumor langka, yakni tumor hipofisis yang melepaskan hormon pertumbuhan.

5. Dikira Tumbuh Testis Baru, Pria ini Idap Tumor Jinak di Organ Intimnya!
Baru-baru ini Qiu Hongjie, direktur departemen urologi Rumah Sakit Universitas Asia terkejut kedatangan seorang pasien yang memiliki jumlah testis tak wajar.

Pria 30 tahun yang namanya disembunyikan itu memiliki tiga testis. Padahal umumnya, seorang pria hanya memiliki dua testis. Tetapi, pria itu mengaku tidak merasa gatal maupun kesakitan akibat memiliki 3 testis.

Qiu akhirnya melihat bahwa testis ketiga pria itu tumbuh menonjol di sisi kanan skrotum, yakni tepat di atas testis lainnya. Bahkan testis ketiga pria itu juga memiliki elastisitas jaringan yang sama dengan testis biasa.

Setelah dilakukan pemindaian MRI, mengungkap bahwa pertumbuhan testisnya merupakan kista padat yang bersifat sebagai tumor jinak.

Berita Terkait

Berita Terkini