Rabu, 26 Februari 2020

Resolusi Kesehatan Tahun 2020, Yuk Kurangi Minuman Manis

Resolusi kesehatan seperti apa yang akan kamu buat?

Yasinta Rahmawati
cloud_download Baca offline
Asupan nutrisi untuk kesehatan rambut. (Pixabay/RitaE)
Asupan nutrisi untuk kesehatan rambut. (Pixabay/RitaE)

Himedik.com - Sudah membuat resolusi tahun baru yang ingin dicapai di tahun 2020? Selain membuat resolusi yang berkaitan dengan karir dan asmara, jangan lupakan untuk fokus pada gaya hidup yang lebih sehat. terlebih untuk Anda yang berusia 20 hingga 30-an.

Sebab, menjalani gaya hidup sehat sejak dini dipercaya mampu mengurangi risiko penyakit kronis hingga kematian.

Memang mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat tidaklah mudah, namun bisa dimulai dengan langkah-langkah kecil yang sederhana. Agar ada gambaran, berikut Suara.com rangkum resolusi kesehatan untuk gaya hidup yang lebih baik di 2020, seperti dilansir dari Healthline.

1. Kurangi duduk dan jadilah lebih aktif
Terlalu banyak duduk dapat memiliki efek negatif pada kesehatan. Membuat resolusi untuk duduk lebih sedikit adalah cara yang mudah dan dapat disesuaikan dengan gaya hidup Anda.

Misalnya, di hari kerja sempatkanlah berjalan kaki 15 menit saat makan siang atau bangun dan berjalan selama 5 menit setiap jam.

2. Kurangi minuman manis
Mengurangi minuman manis adalah pilihan baik mengingat minuman manis dikaitkan dengan peningkatan risiko obesitas, perlemakan hati, penyakit jantung, resistensi insulin dan gigi berlubang pada anak-anak serta orang dewasa.

Ilustrasi ragam jus buah. (Shutterstock)
Ilustrasi ragam jus buah. (Shutterstock)

3. Makan makanan utuh
Salah satu cara termudah dan paling berkelanjutan untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan adalah makan lebih banyak makanan utuh.

Makanan utuh, termasuk sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan ikan, mengandung sejumlah besar nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda untuk berfungsi pada tingkat optimal.

4. Lebih sering masak di rumah
Penelitian menunjukkan bahwa orang yang memasak lebih banyak di rumah memiliki kualitas diet yang lebih baik dan lebih sedikit lemak tubuh daripada orang yang makan lebih banyak saat bepergian.

Mulailah dengan membuat satu kali makan sehari, kemudian tingkatkan frekuensi dari waktu ke waktu sampai Anda membuat sebagian besar makanan dan camilan Anda di rumah.

Ilustrasi memasak sayur sup. (Shutterstock)
Ilustrasi memasak sayur sup. (Shutterstock)

5. Mengurangi makanan instan
Banyak orang mengandalkan makanan yang praktis, seperti keripik kemasan, frozen food dan makanan cepat saji untuk makan cepat atau camilan. Meskipun enak dan mudah ditemukan, mereka dapat memiliki efek yang merugikan kesehatan jika dimakan terlalu sering.

6. Berlibur
Mengambil beberapa waktu untuk istirahat dan relaksasi penting untuk kesehatan. Buatlah resolusi untuk berlibur bersama teman, anggota keluarga atau sendiri. 

7. Tidur berkualitas
Tidur adalah bagian penting dari kesehatan secara keseluruhan dan kurang tidur dapat menyebabkan konsekuensi serius. Misalnya, kurang tidur dapat meningkatkan risiko kenaikan berat badan, penyakit jantung dan depresi.

Mengurangi bermain smartphone sebelum tidur, menghindari kafein dan tidur pada jam yang wajar adalah beberapa cara sederhana untuk meningkatkan kualitas tidur.

Terkait

Terkini