Selasa, 31 Maret 2020

Minum Air Rendaman Kayu Manis, Bisa Atasi PCOS hingga Kram Menstruasi

Air rendaman kayu manis memberikan banyak manfaat kesehatan karena memiliki sifat antioksidan dan antibiotik.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
cloud_download Baca offline
air kayu manis (Pexels/Ngô Trọng An)
air kayu manis (Pexels/Ngô Trọng An)

Himedik.com - Kayu manis merupakan salah satu rempah-rempah yang memiliki aroma dan rasa khas. Biasanya kayu manis digunakan sebagai penyedap masakan, tetapi juga bisa digunakan sebagai obat tradisional.

Karena, kayu manis kaya akan berbagai sifat antioksidan dan antibiotik. Salah satu cara terbaik untuk mengekstrak manfaat kesehatan dari kayu manis adalah dengan merendamnya di dalam air.

Sejumlah ahli kesehatan dilansir dari NDTV, berpendapat bahwa air kayu manis memiliki khasiat yang tak terhitung, terutama dalam penyembuhan.

Berikut ini 6 manfaat minum dan menghirup air rendaman kayu manis.

1. Mengurangi efek PCOS

Polycystic Ovary Syndrome atau PCOS adalah penyakit ketidakseimbangan hormon  ketika ovum atau sel telur pada perempuan tidak berkembang secara normal. Sesuai PCOS Awareness Association, air kayu manis yang dicampur dengan madus dapat membantu mengurangi efek PCOS. Menurut sebuah penelitian dalam Journal Fertility and Sterility, air kayu manis dapat mengurangi resistensi insulin pada wanita dengan PCOS.

Kayu Manis
Kayu Manis

2. Meningkatkan kekebalan sistem

Air kayu manis juga kaya polifenol antioksidan dan proanthocyanidins yang memberikan dorongan untuk kekebalan sistem. Sifat antivirus, antibakteri dan antijamurnya membantu mengurangi kemungkinan mengembangkan berbagai masalah kesehatan seperti gangguan pernapasan, masalah jantung dan lainnya.

3. Meringankan kram menstruasi

Menurut sebuah penelitian di Pusat Informasi Bioteknologi Nasional, wanita yang minum air kayu manis mengalami rasa sakit akibat menstruasi lebih ringan dalam waktu singkat. Satu cangkir air kayu manis hangat setiap hari bisa membantu mengurangi efek kram menstruasi.

4. Mengurangi peradangan

Orang yang mengalami nyeri sendi atau radang sendi juga disarankan minum air kayu manis untuk meringankannya. Karena air kayu manis bersifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi rasa sakit berlebihan. Air kayu manis juga membantu dalam meningkatkan sirkulasi darah yang bisa menghambat perkembangan kondisi seperti radang sendi.

5. Mengurangi efek parkinson

Menurut sebuah penelitian dalam Journal of Neuroimmune Pharmacology, air kayu manis dapat memperlambat perkembangan penyakit parkinson.

Meskipun air kayu manis memberikan sejumlah manfaat kesehatan, Anda tetap perlu berkonsultasi kepada dokter sebelum mengonsumsinya.

Terkait

Terkini