Selasa, 18 Februari 2020

Makanan Bakar Bisa Jadi Lebih Sehat, Asal Mengikuti Aturan Ini

Ternyata makanan panggang atau bakar bisa jadi lebih menyehatkan asalkan memangganggnya sesuai aturan.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
cloud_download Baca offline
Ikan bakar (Pixabay/armennano)
Ikan bakar (Pixabay/armennano)

Himedik.com - Anda pasti sering mendengar bahwa makanan panggang atau bakar bisa menyebabkan kanker. Padahal makanan bakar seperti daging ayam, sapi dan ikan cukup menjadi favorit banyak orang.

Akhirnya, banyak orang menghindari konsumsi makanan panggang atau bakar karena takut terserang kanker dan lainnya. Di sisi lain, makanan yang digoreng juga bukan pilihan terbaik selain makanan bakar.

Padahal ada cara khusus untuk membuat makanan bakar sedikit lebih sehat dikonsumsi. Berikut ini 6 cara membuat makanan panggang tidak berbahaya dikonsumsi, seperti yang dilansir dari health.com, antara lain:

1. Tidak terlalu lama memanggang

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa memanggang daging dengan panas tinggi dapat menyebabkan karsinogen heterosiklik amina (HCA) dan polycyclic aromatic hydrocarbon (PAHs).

Satu studi pun menemukan orang yang mengonsumsi daging panggang atau makanan bakar lainnya secara teratur 60 persen lebih mungkin terkena kanker pankreas. Selain itu, waktu memasak atau memanggang yang lama juga bisa meningkatkan risiko kanker perut, paru-paru dan payudara.

Ilustrasi daging bakar. (Shutterstock)
Ilustrasi daging bakar. (Shutterstock)

2. Oleskan bumbu

Sebuah studi tahun 2008 menemukan bahwa bumbu pedas dapat menurunkan pembentukan HCA. Hal itu karena bumbu-bumbu tertentu dikemas dengan antioksidan yang akan membantu menghilangkan HCA dalam proses memanggang.

Selain itu, menambahkan rempah-rempah ke dalam bumbu panggangan, seperti bawang putih bisa mengurangi jumlah total HCA sampai 60 persen. Karena itu, oleskan bumbu pada daging, ayam atau ikan sebelum memanggangnya.

3. Kecilkan api

Selain waktu, memanggang daging dengan api kecil juga membantu mengurangi karsinogen. Penelitian telah menunjukkan bahwa suhu yang lebih tinggi menyebabkan peningkatan HCA. Karena itu, kecilkan suhu atau apinya ketika memanggang.

Salmon fillet panggang lemon. (Shutterstock)
Salmon fillet panggang lemon. (Shutterstock)

4. Gunakan microwave

Sebelum memanggang, Anda bisa memasukkan daging atau ikan yang akan dipanggang ke dalam microwave selama satu hingga dua menit. Cara seperti ini membantu daging atau ikan akan lebih cepat matang ketika dipanggang sehingga tidak butuh waktu lama.

Penelitian telah menunjukkan memasukkan daging ke microwave sebelum dimasak juga menurunkan HCA sebesar 90 persen.

5. Tambahkan sayuran

Anda juga perlu menambahkan sayuran ketika memanggang daging. Sayuran panggang tidak mengandung karsinogen seperti daging panggang. Jadi, tambahan sayuran ini membuat lebih sehat dan mengurangi HCA.

6. Pengasinan atau perendaman

Rendam daging atau ikan menggunakan cuka, lemon, jeruk nipis atau rempah-rempah lainnya sebelum dibakar juga lebih baik. Tapi, gunakan bumbu bebas lemak atau rendah lemak untuk membatasi lemak yang menetes di arang.

Tindakan sederhana pengasinan sebelum pemanggangan telah terbukti mengurangi pembentukan HCA sebanyak 92 persen hingga 99 persen.

Terkait

Terkini