Selasa, 25 Februari 2020

Roti Gandum Bantu Turunkan Berat Badan? Ini Penjelasan Ahli

Roti gandum sering menjadi andalan orang yang sedang diet.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
cloud_download Baca offline
Roti gandum. (Pixabay)
Roti gandum. (Pixabay)

Himedik.com - Roti telah menjadi makanan pokok di berbagai penjuru dunia selama ribuan tahun. Di Indonesia sendiri, roti kerap dijadikan menu sarapan. Biasanya orang yang sedang diet cenderung memilih konsumsi roti gandum yang rendah karbohidrat.

Tetapi, apakah roti gandum bisa membantu menurunkan berat badan?

Melansir dari Medical News Today, konsumsi roti gandum dalam jumlah sedang seharusnya tidak menyebabkan penambahan berat badan. Sebaliknya, roti gandum memberikan energi yang diperlukan bagi tubuh.

Namun, seseorang yang ingin mengelola berat badannya atau menurunkan berat badan harus mempertimbangkan hal-hal berikut:

Roti gandum hitam (shutterstock)
Roti gandum hitam (shutterstock)
  1. Mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang dibutuhkan tubuh untuk energi akan menghasilkan penambahan berat badan.
  2. Jika roti menjadi makanan atau camilan standar, roti bisa mengeluarkan lebih banyak makanan sehat.
  3. Sandwich roti putih yang mengandung daging olahan , mentega, dan mayones dapat menambah banyak kalori yang tidak perlu dengan meningkatkan asupan lemak dan karbohidrat.

Roti gandum dapat menjadi pilihan sehat bagi orang yang ingin menurunkan berat badan, tetapi itu tergantung pada menu tambahan yang Anda masukkan ke dalam roti.

Perlu diketahui pula roti gandum juga bisa mengandung 20 bahan atau lebih, termasuk bahan pengawet dan tambahan garam serta gula. Tidak semua roti gandum berkontribusi pada kesehatan yang lebih baik.

Terkait

Terkini