Info

Rutin Pergi ke Pameran Seni Bisa Kurangi Risiko Kematian Dini

Mengikuti kegiatan seputar seni rupanya berdampak baik bagi kesehatan.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi pameran seni. (Pixabay)
Ilustrasi pameran seni. (Pixabay)

Himedik.com - Peneliti baru-baru ini mengungkap kunjungan rutin ke museum, pameran seni atau konser dapat meningkatkan umur panjang. Selain itu, pergi ke teater sebulan sekali juga dapat mengurangi risiko kematian dini.

Dilansir dari Daily Mail, peneliti University College London melacak hampir 7.000 orang dewasa di atas usia 50 selama 12 tahun.

Hasilnya menunjukkan bahwa relawan yang terlibat dengan seni setiap beberapa bulan adalah 14 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mati pada akhir penelitian.

Sedangkan mengunjungi museum, teater, galeri seni lebih sering atau sebulan sekali dapat mengurangi risiko sebesar 31 persen.

Penelitian ini menambah bukti bahwa terlibat dalam seni, baik memainkan alat musik atau mengagumi lukisan, dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda.

Ilustrasi pameran seni [Shutterstock]
Ilustrasi pameran seni [Shutterstock]

Penulis utama, dr. Daisy Fancourt mengatakan percobaan lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui bagaimana pergi ke pameran seni maupun teater dapat mencegah kematian dini.

Frekuensi kegiatan seni, termasuk pergi ke opera, diukur pada awal studi di tahun 2004.

"Secara keseluruhan, hasil kami menyoroti pentingnya terus mengeksplorasi faktor sosial baru sebagai penentu inti kesehatan," kata dr. Fancourt.

Ini adalah pertama kalinya penelitian menyarankan untuk terlibat dalam seni dapat menghentikan kematian dini.

Studi sebelumnya menunjukkan mereka yang terlibat telah meningkatkan kesehatan fisik dan mental.

Sebuah tinjauan penelitian yang diterbitkan pada bulan November 2019 oleh Organisasi Kesehatan Dunia, menunjukkan bahwa seni punya manfaat baik untuk berbagai masalah kesehatan.

Berita Terkait

Berita Terkini