Rabu, 26 Februari 2020

Beda dengan Air Biasa, Air Zamzam Punya 3 Manfaat Kesehatan

Air zamzam memiliki kandungan yang berbeda dengan air biasa dengan sejumlah manfaat kesehatan.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni
cloud_download Baca offline
Ilustrasi minum air zamzam (Pexels/Daria Shevtsova)
Ilustrasi minum air zamzam (Pexels/Daria Shevtsova)

Himedik.com - Bagi umat Islam, air zamzam dianggap sebagai air suci. Air Zamzam ini berasal dari mata air yang terletak di kawasan Masjidil Haram. Air zamzam ini berada di dalam sumur yang memiliki kedalaman 42 meter.

Biasanya umat Islam yang melakukan ibadah Haji dan Umrah, lalu berkunjung ke sumur air zamzam, dan akan membawa pulang air tersebut sebagai oleh-oleh.

Air zamzam tidak berwarna dan tidak berbau. Namunm memiliki rasa yang berbeda dengan pH 7,5 hingga 7,7 yang menunjukkan bahwa air zamzam merupakan larutan basa sampai batas tertentu.

Menurut para ahli, dilansir dari Steemit, ada 30 elemen dalam air zamzam yang membuatnya berbeda dengan air biasa. Zamzam memiliki kualitas air yang sangat baik, alami, dan higienis.

Kandungan mineral yang ditemukan dalam air zamzam adalah kalsium, kalium, selenium, natrium dan kromium. Selain itu, air zamzam juga mengandung zat alami seperti klorida, magnesium, sulfat, nitrit, mangan, padatan dan zat organik.

Melansir dari HalalZilla, berikut ini manfaat kesehatan dari air zamzam yang perlu Anda ketahui.

Ilustrasi minum air zamzam (shutterstock)
Ilustrasi minum air zamzam (shutterstock)

1. Sumber cairan yang baik

Air zamzam punya tingkat fluoride yang tinggi sehingga diklaim sebagai bentuk air paling murni. Hasil tes menggunakan teknologi ultraviolet, menemukan bahwa air zamzam bebas dari kuman dan bakteri. Bahkan, air zamzam juga mengandung jumlah ideal karbohidrat yang lebih tinggi dari total yang ditemukan dalam air dari Pegunungan Alpen Perancis.

2. Penambah alami untuk sel dan metabolisme

Menurut ilmuwan Jerman Dr Knut Pfeiffer, air zamzam meningkatkan energi dan memberi makan sel-sel dalam tubuh kita. Air zamzam mengandung kalsium dan magnesium tingkat tinggi yang mengurangi kelelahan.

Oleh karena itu, minum air zamzam sangat baik untuk wanita hamil yang mungkin mengalami kelelahan selama kehamilan mereka. Air zamzam juga diyakini bisa meningkatkan metabolisme tubuh.

3. Baik untuk gigi dan tulang

Tulang dan gigi kita butuh kalsium untuk mempertahankan daya tahannya. Kita bisa mendapatkan kalsium ini dari minum susu atau produk susu.

Selain susu, kita juga bisa mendapatkan kalsium dari minum air zamzam. Air zamzam juga mengandung kadar fluor rendah yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi.

Terkait

Terkini