Info

Tak Perlu Khawatir Bikin Gemuk, Makanan Ini Bisa Dikonsumsi Sesuka Hati

Makanan berikut memiliki kalori yang tak seberapa.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi menu makanan sehat, ilustrasi makan buah. (Arkadia Digital Media/Ema Rohimah)
Ilustrasi menu makanan sehat, ilustrasi makan buah. (Arkadia Digital Media/Ema Rohimah)

Himedik.com - Mengonsumsi makanan tertentu mungkin membuat seseorang merasa bersalah. Meski tidak ada yang namanya makanan dengan kandungan nol kalori, ada makanan yang bisa Anda nikmati dengan bebas tanpa harus khawatir dengan penambahan berat badan

Menurut ahli gizi dr. Lisa Young , makanan ini umumnya termasuk dalam salah satu dari dua kategori, yakni buah-buahan atau sayuran yang tidak mengandung zat tepung.

Dilansir dari Insider, Young mengatakan ada beberapa alasan mengapa Anda tidak akan menambah berat badan dengan mengonsumsi makanan ini:

  • Sebagian besar mengandung air
  • Mereka rendah kalori
  • Mereka mengandung serat, yang membantu membuat Anda merasa dan tetap kenyang
  • Mereka dikemas dengan banyak vitamin, antioksidan dan nutrisi lain yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan

Namun penting untuk dicatat bahwa seperti halnya makanan lain, jika mengonsumsinya dalam porsi super besar, tentu berat badan Anda akan bertambah. Tetapi karena alasan yang tercantum di atas, kecil kemungkinan hal itu terjadi.

Ilustrasi salad buah (Pixabay/silviarita)
Ilustrasi salad buah (Pixabay/silviarita)

Berikut makanan yang tidak akan bikin gemuk, dirangkum dari Insider.

1. Mentimun
Mengandung sebagian besar terdiri dari air, mentimun hanya mengandung 16 kalori per sajian. Biji dan kulitnya mengandung sebagian besar nilai gizi buah, jadi sebaiknya Anda tidak mengupas mentimun Anda.

Kulit dan bijinya menyediakan serat dan bentuk vitamin A yang dikenal sebagai beta-karoten, yang dikenal baik untuk mata.

2. Tomat
Tomat terkenal karena mengandung likopen, karotenoid, yang membantu melawan penyakit kronis dan juga memberi warna merah pada buah. Selain likopen, tomat kaya akan vitamin A, C, dan B2, serta folat, kromium, kalium, dan serat.

Dan untuk semua nutrisi yang ditawarkannya, satu tomat berukuran sedang hanya memiliki sekitar 25 kalori.

Ilustrasi brokoli (shutterstcok)
Ilustrasi brokoli (shutterstcok)

3. Brokoli
Brokoli paling bergizi saat dimakan mentah atau saat dikukus. Sayuran super ini mengandung sulforaphane, sebuah anticarcinogen yang bekerja untuk menghancurkan bahan kimia penyebab kanker yang mungkin dikonsumsi tubuh baik melalui lingkungan maupun makanan.

Selain vitamin A, C, E, dan K, satu porsi brokoli kukus mengandung sekitar 20% dari kebutuhan serat harian Anda. Plus, hanya ada sekitar 31 kalori dalam satu porsi.

4. Jeruk
Sebagian besar orang tahu jeruk karena kandungan vitamin C-nya, tetapi buah jeruk banyak manfaat lainnya. Karena vitamin C sangat penting dalam produksi kolagen, jeruk membantu menjaga kulit bebas dari kerusakan dan terlihat baik. Ini juga rendah kalori, jeruk berukuran sedang memiliki sekitar 80 kalori.

5. Melon madu
Melon madu hanya memiliki kalori sedikit lebih banyak per porsi daripada melon biasa. Sebagian besar kalori ini berasal dari 14 gram gula alami yang disediakan buah.

Melon madu juga mengandung lebih dari setengah dari nilai vitamin C harian yang direkomendasikan, serta tembaga, yang sangat penting untuk kulit yang sehat.

Berita Terkait

Berita Terkini