Rabu, 26 Februari 2020

Jangan Risau, Ini Deretan Makanan untuk Menurunkan Kolesterol secara Alami

Jika rutin mengonsumsinya, kolesterol pun aku turun.

Yasinta Rahmawati
cloud_download Baca offline
Kolesterol tinggi
Kolesterol tinggi

Himedik.com - Selama ini diketahui ada dua jenis kolesterol dalam tubuh kita yang dikenal dengan HDL (kolesterol baik) dan LDL (kolesterol jahat). Akan sangat mengancam kesehatan apabila LDL lebih tinggi dari HDL.

Sebab kadar LDL yang terlalu tinggi dapat menyumbat darah dan menyebabkan berbagai penyakit.

Cara menurunkan kolesterol tinggi sendiri sebenarnya bisa ditempuh dengan cara minum obat maupun alami. Nah, Anda tentu pernah mendengar makanan tertentu yang disebut-sebut bermanfaat untuk menurunkan kolesterol.

Dirangkum dari Health, berikut cara menurunkan kolesterol secara alami.

1. Kacang-kacangan
Kacang, lentil, dan kacang polong seperti buncis sangat berefek pada pengurangan kolesterol. Satu studi yang diterbitkan dalam Canadian Medical Association Journal, menemukan bahwa 3/4 cangkir kacang-kacangn setiap hari dapat menurunkan kolesterol LDL yang buruk sebesar 5%. Mungkin tidak terdengar terlalu banyak, tetapi merupakan penurunan yang signifikan.

Jangan Risau, Ini Deretan Makanan untuk Menurunkan Kolesterol secara Alami - 1

2. Alpukat
Dalam sebuah penelitian di Pennsylvania State University, para peneliti menempatkan orang dewasa yang kelebihan berat badan pada diet rendah atau sedang, dengan atau tanpa alpukat.

Hasilnya, pemakan non-alpukat mengalami penurunan LDL 8 mg/dL, dan kelompok pemakan alpukat mengalami pengurangan 14 mg/dL.

Alpukat sendiri lezat dimakan langsung dan cocok diolah menjadi beragam menu.

3. Kacang almond
Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition menemukan bahwa di antara penyakit jantung pasien, hanya mengonsumsi 10 gram almond sebelum sarapan (sekitar 8 almond), secara signifikan meningkatkan kadar HDL.

Pada minggu 6 nilai kolesterol baik subjek adalah 12-14% lebih tinggi dan pada minggu 12 mereka 14-16% lebih tinggi, dibandingkan dengan tingkat awal.

Ilustrasi susu almond atau susu alternatif. (Shutterstock)
Ilustrasi susu almond atau susu alternatif. (Shutterstock)

4. Teh hijau
Teh hijau juga mampu membantu mengurangi LDL. Sebuah meta-analisis penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa konsumsi teh hijau secara signifikan menurunkan kadar kolesterol total (lebih dari 7 mg/dL) dan secara signifikan mengurangi nilai LDL (lebih dari 2 mg/dL) tanpa berpengaruh pada HDL.

Terkait

Terkini