Info

Sebelum Digunakan Kembali, Cuci Dulu Pakaian Olahraga

Sebab pakaian olahraga bisa menimbun banyak bakteri.

Yasinta Rahmawati

Bra olahraga. (PIxabay/Hans)
Bra olahraga. (PIxabay/Hans)

Himedik.com - Usai berolahraga, tentu pakaian yang dikenakan akan basah kuyup oleh keringat. Apakah Anda mencuci pakaian olahraga setelah mengenakannya? Sebab memakainya lagi tanpa dicuci adalah ide yang sangat buruk.

Sebab dengan tidak mencuci pakaian olahraga secara teratur, keringat, bakteri dan minyak tubuh sendiri akan meresap ke dalam kain (terutama dalam bahan sintetis).

Menggunakan kembali pakaian tersebut menyebabkan penumpukan, yang pada gilirannya dapat membuat bau tidak sedap. Tapi pakaian berbau busuk bukan satu-satunya kekhawatiran tidak mencuci pakaian olahraga setelah setiap kali digunakan. Ini juga dapat menyebabkan kerusakan pada kulit Anda.

Dilansir dari Metro, saat berolahraga suhu tubuh akan naik yang menyebabkan kelenjar keringat terbuka dan melepaskan keringat dari kulit.

Bakteri sehat yang hidup di kulit kita kemudian akan menyerap keringat dan ini menjadi tempat berkembang biak yang sempurna bagi mereka. Ini berarti bahwa jika pakaian itu digunakan kembali tanpa dicuci terlebih dahulu, terutama setelah latihan keras, itu dapat menyebabkan masalah kulit atau memperburuk kondisi yang ada.

lustrasi perempuan fitnes [shutterstock]
lustrasi perempuan fitnes [shutterstock]

"Kulit kita membawa flora normal yang merupakan bakteri alami yang tidak berbahaya yang kita bawa ke kulit kita dan area tubuh lainnya," kata dr. Aishah Iqbal, dikutip dari Metro.

Jika pakaian kemudian digunakan kembali tanpa dicuci, kulit diperkenalkan ke pakaian yang mungkin menghuni bakteri. Hasil dari ini biasanya memperburuk masalah kulit seperti jerawat yang disebabkan oleh pakaian yang ketat dan tidak memungkinkan kulit untuk bernafas.

Ilustrasi olahraga di rumah. (Shutterstock)
Ilustrasi olahraga di rumah. (Shutterstock)

"Infeksi ragi juga umum terjadi ketika area seperti selangkangan dan ketiak berulang kali terpapar pada lingkungan yang lembab," tambahnya.

Meski demikian, ada pandangan bertentangan tentang apakah orang perlu mencuci pakaian olahraga setelah setiap kali digunakan, terutama jika latihan itu tidak menghasilkan banyak keringat.

Namun jika Anda merasa tidak perlu mencucinya dan akan menggunakannya kembali, ingat untuk menunggunya hingga kering terlebih dulu ya!

Berita Terkait

Berita Terkini