Selasa, 18 Februari 2020

Lakukan Mulai Sekarang! Olahraga 25 Menit Sehari Turunkan Risiko Kanker

Risiko mereka terserang dari 7 hingga 15 jenis kanker berkurang signifikan.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
cloud_download Baca offline
<p><a href=Ilustrasi olahraga (Pixabay/UptownFitness)

">

Himedik.com - Olahraga tidak hanya bermanfaat untuk menurunkan berat badan, tetapi juga menurunkan risiko beberapa jenis kanker. Sebuah studi baru pun membuktikan demikian. Sebab para peneliti menemukan olahraga kurang dari 25 menit sehari bisa menjadi kunci untuk menangkal kanker.

Para peneliti di American Cancer Society menemukan bahwa olahraga 2,5 jam per minggu bisa menurunkan risiko 7 bentuk kanker, termasuk kanker payudara, usus besar dan ginjal.

Penelitian yang dijalankan bersama Universitas Harvard, mengumpulkan data dari 750.000 peserta, yang diukur pada jumlah aktivitas fisik yang mereka lakukan pada waktu senggang.

Tim peneliti lantas meneliti kondisi kesehatan mereka. Hasilnya menunjukkan bahwa risiko mereka dari 7 hingga 15 jenis kanker berkurang signifikan. Risiko ini turun karena mereka olahraga rutin setiap hari selama 2,5 jam.

Selain itu, penelitian ini juga menemukan orang yang olahraga lebih dari 25 menit per hari juga memiliki risiko lebih rendah terkena kanker.

"Meskipun hal ini sudah lama diketahui bahwa aktivitas fisik dikaitkan dengan risiko lebih rendah dari beberaopa jenis kanker. Tapi, belum jelas bentuk hubungan dan jumlah aktivitas fisik yang berkaitan dengan risiko kanker lebih rendah," kata dr Alpa Patel dari American Cancer dikutip dari Metro.

Ilustrasi kanker (Pixabay/PDPics)
Ilustrasi kanker (Pixabay/PDPics)

Temuan ini memberikan dukungan kuantitatif langsung untuk tingkat aktivitas yang direkomendasikan untuk mencegah kanker. Selain itu, temuan ini bisa ditindaklanjuti untuk upaya pencegahan kanker yang mungkin akan terjadi masa depan.

Seseorang yang bertahan dengan latihan fisik rutin menunjukkan penurunan risiko kanker, berikut ini:

1. Kanker usus besar pria 8 persen
2. Kanker payudara wanita 6 persen
3. Kanker endometrium 10 persen
4. Kanker ginjal 11 persen
5. Myeloma (sejenis kanker darah) 14 persen
6. Kanker hati 18 persen
7. Limfoma non-Hodgkin perempuan 11 persen

Bahkan orang yang yang rutin berolahraga setiap hari mengalami penurunan risiko kanker hingga 9 persen lebih tinggi.

Para peneliti mengatakan bahwa temuan mereka yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Oncology memberikan bukti untuk mendukung metode pencegahan kanker.

Terkait

Terkini