Rabu, 26 Februari 2020

Punya Rasa Asam Manis, Ketahui 5 Manfaat Kesehatan Buah Kedondong

Buah kedondong biasa terdapat dalam seporsi rujak.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
cloud_download Baca offline
Ilustrasi buah kedondong. (Pixabay)
Ilustrasi buah kedondong. (Pixabay)

Himedik.com - Spondias dulcis atau yang umumnya dikenal sebaga kedondong adalah buah yang berasal dari pohon tropis. Ia memiliki tekstur berserat dan bercita rasa asam manis.

Buah ini memiliki biji tunggal dan berserabut. Biasanya, orang mengonsumsi buah kedondong dalam kondisi segar, diolah menjadi rujak, asinan atau acar.

Sama seperti buah-buahan lainnya, kedondong juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Melansir dari Clinical Proven Natural Healthcare Products, berikut ini manfaat kesehatan kedondong.

1. Mencegah penyakit jantung

Kedondong memiliki kandungan kalsium yang memainperan penting dalam menjaga kesehatan jantung. Jadi, konsumsi kedondong secara rutin bisa mengatasi penyakit jantung.

Ilustrasi buah kedondong (Pixabay/sarangib)
Ilustrasi buah kedondong (Pixabay/sarangib)

2. Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A dalam buah kedondong juga penting untuk kesehatan visual atau mata. Vitamin ini mendistribusikan obyek yang ditangkap oleh retina mata ke otak untuk menciptakan gambar.

3. Mengatasi anemia

Kandungan zat besi dalam 100 gram kedondong mencapai 30 miligram yang bisa membantu proses pembentukan sel darah merah. Selain zat besi, buah kedondong juga mengandung vitamin B1 yang bisa membantu produksi sel darah merah, meningkatkan aliran oksigen ke seluruh tubuh dan mencegah anemia.

4. Mengontrol kadar kolesterol

Buah kedondong juga emngandung vitamin C yang bisa membantu memetabolisme kolesterol menjadi asam empedu. Jadi buah kedondong ini bermanfaat untuk mengontrol kadar kolesterol Anda.

5. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Selain kontrol kadar kolesterol tubuh, kedondong juga mengandung fosfor yang bermanfaat untuk kesehatan tulang dan gigi.

Terkait

Terkini