Info

Sangat Berbeda tapi Saling Membutuhkan, Ini Bedanya Prebiotik dan Probiotik

Selama ini banyak orang yang mengira prebiotik dan probiotik sama, padahal berbeda lho!

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah

Ilustrasi usus besar - (Pixabay/Elionas2)
Ilustrasi usus besar - (Pixabay/Elionas2)

Himedik.com - Anda tentu tidak asing dengan prebiotik dan probiotik. Tidak sedikit orang yang mengira bahwa prebiotik dan probiotik adalah satu hal yang sama.

Umumnya ini terdapat di dalam suplemen yang mengklaim dapat memperkuat kekebalan tubuh, membantu menurunkan berat badan, dan bahkan memperpanjang usia.

Tapi apakah semua itu benar?

Probiotik

Probiotik merupakan mikroorganisme yang ditemukan dalam makanan berfermentasi, seperti yogurt dan kimchi, kata Jack Gilbert, peneliti di University of California, San Diego.

Ada banyak bakteri yang diklasifikasikan sebagai probiotik, misalnya saja lactobacillus, yang dapat ditemukan di dalam yogurt atau makanan fermentasi lainnya.

Bakteri lainnya adalah bifidobacterium, yang dapat ditemukan dalam makanan berbasis susu.

Dilansir Hello Sehat, probiotik dapat membantu sistem pencernaan dan meningkatkan sistem imunitas tubuh. Probiotik juga secara natural sudah ada di dalam tubuh.

Yogurt stroberi. (Shutterstock)
Yogurt stroberi. (Shutterstock)

Prebiotik

Berbeda dengan probiotik, prebiotik merupakan makanan bagi probiotik agar dapat berkembang biak di dalam tubuh, sehingga dapat menjaga kelancaran gerak usus dan meningkatkan berat feses.

Prebiotik juga meningkatkan kekebalan tubuh probiotik terhadap zat asing. Selain itu, mereka juga menstimulasi pertumbuhan bakteri yang berbeda seperti bifidobacteria dan lactobacilli dalam usus.

Berita Terkait

Berita Terkini