cancel

Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Kamis, 24 September 2020

Rentan Penularan Penyakit ISPA saat Banjir, Atasi Pakai Obat Rumahan Ini

Beberapa bahan rumahan bisa mengatasi penyakit ISPA yang retan menular selama bencana banjir.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni
cloud_download Baca offline
Ilustrasi ISPA. (Shutterstock)
Ilustrasi ISPA. (Shutterstock)

Himedik.com - Infeksi saluran pernapasan (ISPA) salah satu penyakit menular yang rentan terjadi selama bencana banjir. Penyakit ISPA ini bisa disebabkan oleh bakteri, virus dan berbagai mikroba lainnya.

Infeksi saluran pernapasan bagian atas termasuk sinus, trachea, laring dan faring. Infeksi semacam ini menyebar dengan mudah satu sama lain. Sama seperti penyakit kulit, faktor berkumpulnya orang dan penderita dalam satu ruangan atau pengungsian bisa menyebabkan ISPA.

Gejala infeksi saluran pernapasan seperti mengi, pilek, hidung tersumbat, batuk, gatal, sakit tenggorokan dan banyak lagi. Dalam kondisi ini, Anda bisa menjalani pengobatan untuk mengatasi infeksi yang menyebabkan peradangan pada saluran pernapasan.

Anda juga bisa mengatasi masalah infeksi saluran pernapasan dengan menggunakan pengobatan rumahan. Melansir dari NDTV, berikut ini 6 obat rumahan yang paling efektif mengatasi infeksi saluran pernapasan.

1. Menghirup uap dari air panas

Anda bisa merebus air dan menempatkannya di baskom. Lalu, dekatkan wajah ke baskom dan tutup kepala menggunakan kain atau handuk agar Anda bisa menghirup uapnya.

Anda hanya butuh satu liter air dan sepotong kapur barus lalu hirup uapnya selama 10 hingga 15 menit. Cara ini bisa membantu membersihkan saluran pernapasan yang tersumbatt dengan melelehkan selaput lendir.

Namun, cara rumahan untuk mengatasi ISPA ini tidak disarankan untuk anak-anak, wanita hamil dan orang dengan tekanan darah tinggi.

Sisa Banjir di Tambun Bekasi. (Suara.com/Dini Afrianti Efendi)
Sisa Banjir di Tambun Bekasi. (Suara.com/Dini Afrianti Efendi)

2. Berkumur dengan air garam

Kumur air garam hangat setiap pagi bermanfaat untuk melegakan saluran pernapasan. Obat ini efektif untuk mengencerkan lendir, mengatasi iritasi hidung dan tenggorokan.

3. Jahe

Jahe adalah salah satu rempah yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah pernapasan. Hal itu karena jahe bersifat antivirus, antimikroba dan anti-inflamasi yang efektif melawan penyebab infeksi saluran pernapasan.

Anda dapat mengunyah beberapa iris jahe setiap hari dengan garam. Selain itu, Anda juga bisa minum teh jahe dengan merebus beberapa irisan jahe dalam air.

Teh jahe. (Shutterstock)
Teh jahe. (Shutterstock)

4. Madu

Madu juga bisa mengatasi infeksi saluran pernapasan yang menyerang anak-anak. Karena, madu memiliki sifat antibakteri yang bisa membantu membunuh bakteri penyebab infeksi saluran pernapasan pada anak.

Anda bisa memberikan madu pada anak-anak dengan banyak cara, seperti menambahkannya ke segelas susu atau mencampurkannya dengan lemon.

Terkait

Terkini