Info

Lari Maraton Pertama Kali Bisa Turunkan Risiko Stroke!

Lari maraton dilihat dapat mengurangi tekanan darah dan kekakuan otot dinding arteri.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi berlari. (pixabay/StockSnap)
Ilustrasi berlari. (pixabay/StockSnap)

Himedik.com - Selain menjaga kebugaran tubuh, penelitian baru menunjukkan lari maraton pertama kali dapat bermanfaat bagi kesehatan jangka panjang.

Menurut sebuah studi yang dipimpin oleh Barts Health NHS Trust dan University College London, Anda tidak harus menjadi pelari maraton yang berpengalaman untuk melihat keuntungan kesehatan.

Dilansir dari Insider, Peneliti menemukan bahwa mereka yang berlari maraton untuk pertama kalinya dapat mengurangi tekanan darah dan kekakuan otot dinding arteri, yang ketika terlalu tebal, dapat meningkatkan risiko stroke.

Penelitian, yang diterbitkan dalam Journal of American College of Cardiology menemukan manfaat terbesar dicatat pada pelari maraton pria yang lebih tua dengan tekanan darah awal yang lebih tinggi dan mereka yang berlari lebih lambat kali maraton.

Untuk penelitian ini, para peneliti melihat data dari kelompok 138 pelari maraton sehat pertama yang menyelesaikan London Marathon di tahun 2016 atau 2017.

Peserta tidak memiliki riwayat jantung yang signifikan dan rata-rata berlari kurang dari dua jam seminggu untuk pelatihan mereka.

Ilustrasi orang lari (Pixabay/composita)
Ilustrasi orang lari (Pixabay/composita)

Partisipan rata-rata berusia 37 tahun dan keseimbangan gender terbagi rata antara pria dan wanita.

Setiap orang yang termasuk dalam penelitian ini memiliki pemeriksaan kesehatan sebelum mereka memulai pelatihan lari maraton mereka, yang berlangsung enam bulan.

Tes yang sama kemudian diulangi dalam waktu tiga minggu setelah peserta menyelesaikan lomba. Tes termasuk pengukuran tekanan darah, pengukuran kekakuan aorta oleh pencitraan resonansi magnetik kardiovaskular dan penentuan usia vaskular mereka.

Dalam hal rata-rata waktu penyelesaian, para peneliti menemukan para pria menyelesaikan maraton dalam empat jam dan 30 menit sementara wanita melakukan hal yang sama dalam lima jam dan 40 menit.

Ilustrasi lari maraton ( Freedigitalphotos/Sura Nualpradid)
Ilustrasi lari maraton ( Freedigitalphotos/Sura Nualpradid)

Charlotte Manisty dari Barts Heart Centre dan University College London berkomentar:

"Studi kami menyoroti pentingnya modifikasi gaya hidup untuk memperlambat risiko yang terkait dengan penuaan, terutama karena tampaknya tidak pernah terlambat seperti yang dibuktikan oleh pelari kami yang lebih tua dan lebih lambat."

Manisty menambahkan bahwa penelitian ini juga menyarankan kemungkinan untuk membalikkan konsekuensi penuaan pembuluh darah dengan hanya enam bulan pelatihan.

"Manfaat ini diamati pada individu sehat secara keseluruhan dalam rentang usia yang luas dan waktu maraton mereka menunjukkan pelatihan olahraga yang dapat dicapai pada peserta pemula," katanya.

Berita Terkait

Berita Terkini