Sabtu, 18 Januari 2020

Jangan Ragu Berbagi Kebaikan Hati, Mampu Memperlambat Penuaan

Kebaikan hati rupanya juga berdampak baik bagi kesehatan.

Yasinta Rahmawati
cloud_download Baca offline
Tersenyum. (pixabay)
Tersenyum. (pixabay)

Himedik.com - Penelitian baru menunjukkan bahwa kebaikan hati tidak hanya membuat Anda lebih bahagia dan lebih sehat, tetapi sebenarnya dapat memperpanjang hidup Anda. 

Dilansir dari Inc, studi baru dari University of North Carolina di Chapel Hill ini mungkin masih kecil dan terlalu awal, namun hasilnya cukup mengejutkan.

Para peneliti mengumpulkan sekitar 150 sukarelawan setengah baya dan kemudian memisahkan mereka menjadi tiga kelompok. Satu kelompok menjalani pelatihan meditasi kesadaran enam minggu yang melibatkan kelas selama satu jam setiap minggu dan 20 menit setiap hari di rumah.

Sedangkan yang lain menerima pelatihan serupa dalam meditasi cinta kasih, bentuk meditasi lain yang mendorong Anda untuk membuka hati Anda kepada orang lain, dan yang ketiga menjabat sebagai kelompok kontrol.

Pada awal dan akhir percobaan, semua sukarelawan memiliki panjang langkah telomere mereka. Telomere seperti topi kecil di ujung kromosom Anda yang melindungi DNA dari keausan sehari-hari.

Seiring bertambahnya usia, telomere semakin pendek dan pendek, membuatnya mempercepat penuaan. Semakin lambat telomere Anda rusak, maka semakin lama Anda akan hidup.

Ilustrasi (Shutterstock)
Ilustrasi (Shutterstock)

Sementara ketiga kelompok memiliki telomere yang lebih pendek pada akhir periode studi 12 minggu daripada yang mereka lakukan di awal, kelompok meditasi kebaikan hati yang penuh kasih justru kehilangan yang paling sedikit.

Hal ini menunjukkan bahwa berlatih meditasi cinta kasih selama enam minggu tampaknya telah memperlambat penuaan.

Meski diperlukan penelitian lebih lanjut, adalah bagus untuk mencoba menjadi lebih ramah dan mengelilingi diri Anda dengan orang-orang yang baik.

Terkait

Terkini