Info

Awas, Makanan Pedas dalam Kondisi Perut Kosong Buruk untuk Lambung

Terlebih jika makanan pedas dikonsumsi pada pagi hari di mana perut belum terisi apapun.

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah

ilustrasi makanan pedas (nibble)
ilustrasi makanan pedas (nibble)

Himedik.com - Makan makanan pedas memang dapat membuat kecanduan. Bahkan, bagi mereka yang sangat menyukainya tidak akan pikir panjang untuk memakannya walau dalam kondisi perut kosong.

Padahal, makan makanan pedas dalam kondisi perut belum terisi apapun berdampak buruk pada lambung, kata konsultan Ahli Gizi, Rupali Datta.

"Mengonsumsi rempah-rempah dan cabai saat perut kosong dapat mengiritasi lapisan lambung yang dapat menyebabkan reaksi asam dan kram," tuturnya, dilansir Food NDTV.

Tak hanya itu, makan pedas saat perut kosong juga dapat memicu gangguan pencernaan.

Hal ini juga disampaikan oleh Ahli Gastroenterologi dari NYU Langone Medical Center, Lisa Ganjhu, MD, bahwa mengonsumsi makanan pedas saat perut dalam keadaan perut kosong akan meningkatkan iritasi perut.

ilustrasi menjilat jari setelah makan. makan pedas, makanan pedas [shutterstock]
ilustrasi menjilat jari setelah makan. makan pedas, makanan pedas [shutterstock]

"Tidak ada makanan lain di lambung ketika makanan pedas ini menyentuh lapisannya," jelas Ganjhu, dilansir Huffington Post.

Ia menambahkan, makanan pedas paling baik disiman di dalam lambung ketika setidaknya ada sedikit makanan dalam sistem pencernaan Anda.

Ganjhu pun menyarankan untuk mengonsumsi susu sebelum makan makanan pedas. Sebab, susu dapat melapisi lambung dan memecah pedas dari cabai yang dikonsumsi.

Jadi, lebih baik Anda mengonsumsi makanan lain dahulu sebelum makan pedas yang dapat mengganggu sistem pencernaan Anda.

 

Berita Terkait

Berita Terkini