Senin, 24 Februari 2020

Jangan Sampai Sakit, Ketahui Tandanya saat Sistem Kekebalan Tubuh Rendah

Tidak selamanya sistem kekebalan tubuh kita dalam kondisi sempurna, oleh sebabnya mereka akan mengeluarkan tanda ketika kita mengalaminya.

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah
cloud_download Baca offline
Ilustrasi demam - (Pixabay/guvo59)
Ilustrasi demam - (Pixabay/guvo59)

Himedik.com - Sistem kekebalan tubuh bekerja dengan melindungi kita dari berbagai penyakit yang mengintai. Pertahanan tubuh ini terdiri dari sel, jaringan, dan organ khusus yang bekerja sama mempertahankan tubuh dari bakteri atau virus.

Namun, tidak selamanya sistem kekebalan tubuh kita dalam kondisi sempurna. Terkadang sistem kekebalan tubuh tidak bertindak sebagaimana semestinya.

Ketika ini terjadi, tubuh akan mengeluarkan tanda dengan menunjukkan suatu gejala. Berikut beberapa di antaranya, dilansir WebMD.

1. Tangan dingin

Jika pembuluh darah meradang, cukup sulit untuk mempertahankan kehangatan pada jari tangan maupun kaki, telinga, dan hidung.

Kulit pada area ini kemungkinan akan berubah putih, kemudian membiru ketika berhubungan dengan udara dingin. Ketika aliran darah kembali mengalir, kulit akan berubah menjadi merah.

Dokter menyebut ini sebagai 'fenomena Raynaud'. Selain kekebalan tubuh, penyebab lain fenomena ini adalah merokok, penggunaan obat, atau kondisi lain yang memengaruhi pembuluh darah.

Jangan Sampai Sakit, Ketahui Tandanya saat Sistem Kekebalan Tubuh Rendah - 1
Ilustrasi kedinginan (Shutterstock)

2. Mata kering

Ketika Anda memiliki penyakit autoimun, artinya sistem kekebalan tubuh menyerang tubuh Anda sendiri.

Banyak orang yang memiliki penyakit autoimun mendapati mata mereka kering. Gejala lainnya juga mata merah, sakit, serta penglihatan kabur.

Bahkan, beberapa mendapati mereka sendiri tidak dapat menangis meski sedang marah.

3. Kelelahan

Merasa lelah, sendi atau otot nyeri, bahkan, tidur pun tidak membantu, artinya ada sesuatu yang terjadi pada pertahanan tubuh Anda.

4. Demam ringan

Jika Anda merasa suhu tubuh Anda lebih tinggi dari biasanya, bisa jadi sistem kekebalan mulai bekerja terlalu keras. Umumnya disebabkan oleh infeksi atau kondisi autoimun yang sedang berkembang.

Jangan Sampai Sakit, Ketahui Tandanya saat Sistem Kekebalan Tubuh Rendah - 2
Ilustrasi demam (Shutterstock)

5. Ruam

Kulit merupakan penghalang pertama tubuh Anda dalam melawan kuman. Jadi, penampilan kulit dapat mencerminkan seberapa baik sistem kekebalan tubuh melakukan tugasnya.

Kulit gatal, kering, merah adalah gejala umum peradangan. Begitu juga ruam yang menyakitkan atau tidak sembuh.

Namun, perlu diingat bahwa kemungkinan gejala ini juga terjadi karena adanya kondisi lainnya. Untuk mendiagnosisnya, lebih baik periksakan diri Anda ke dokter.

Terkait

Terkini