Info

Viral Kantong Empedu Diduga Penuh Boba, Ternyata Begini Faktanya!

Belakangan viral video dokter menyayat kantong empedu pasiennya yang diduga berisi boba.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni

Bahaya terlalu banyak konsumsi bubble tea (Suara.com/Shutterstock)
Bahaya terlalu banyak konsumsi bubble tea (Suara.com/Shutterstock)

Himedik.com - Beberapa hari belakangan viral video seorang dokter menyayat kantong empedu pasiennya. Video itu menjadi viral di media sosial karena kantong empedu dipenuhi bola-bola hitam seperti boba.

Karena itu, banyak orang mengira bola-bola hitam di dalam kantong empedu itu merupakan boba atau bubble tea.

Video viral itu pun ramai dibagikan orang-orang melalui WhatsApp dengan pesan agar berhenti mengonsumsi minuman dengan topping boba.

"Minuman yang mengandung bubblenya nggak bisa tercerna...share biar semua tahu," tulisan pesan berantai WhatsApp.

Awalnya, video kantung empedu itu diunggah oleh dr. Miyata melalui akun instagram @justageneralsurgeon. Dalam unggahannya, dr Miyata memang menuliskan "bag of boba".

Dokter memperlihatkan kantong empedu yang diduga isi boba (Instagram/@ppdsgram)
Dokter memperlihatkan kantong empedu yang diduga isi boba (Instagram/@ppdsgram)

Tetapi, dr. Miyata juga memberikan sejumlah hashtag #gallstone yang menjelaskan bahwa bola-bola itu sesungguhnya batu empedu, bukan minuman boba.

Setelah video tersebut viral di media sosial dan banyak orang menduga bahwa itu akibat seseorang mengonsumsi boba, sang dokter akhirnya mengunggah video klarifikasi.

Ia menjelaskan bahwa itu bukan boba sungguhan, tetapi batu empedu. Bahkan, ia juga memberi tahu minum boba atau bubble tea tidak semenyeramkan itu.

Dokter menglarifikasi kalau kantong empedu tidak berisi boba (Instagram/@justageneralsurgeon)
Dokter menglarifikasi kalau kantong empedu tidak berisi boba (Instagram/@justageneralsurgeon)

Menurutnya, konsumsi minuman boba tidak berbahaya asalkan Anda menikmatinya dalam jumlah sedang. Bagaimanapun, konsumsi boba berlebihan tetap saja bisa menyebabkan masalah kesehatan.

"Postingan kantong empedu "kantong boba" saya pada 9 Januari 2020 menjadi viral! Orang mengira saya benar-benar menemukan kantong empedu yang penuh dengan bola boba. Tetapi, video itu sesungguhnya tidak menunjukkan hal itu. Boba tidak berbahaya, ini adalah makanan bergula yang harus dinikmati dalam jumlah sedang, tetapi boleh dihindari karena masalah kesehatan," jelas dr. Miyata.

Video klarifikasi itu seolah mempertegas bahwa video tentang kantong empedu sebelumnya bukan berisi boba, melainkan batu empedu.

Berita Terkait

Berita Terkini