Info

Cepat Tanggap Stroke, RSUP Dr Sardjito Fasilitasi Ambulans Sepeda Motor

Demi dapat menjangkau rumah warga yang berada di gang sempit, RSUP Dr Sardjito telah melengkapi fasilitasnya, yaitu dengan ambulans sepeda motor.

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah

Ambulans Sepeda Motor (Himedik/Rosiana)
Ambulans Sepeda Motor (Himedik/Rosiana)

Himedik.com - Saat ini, fasilitas kesehatan di RSUP Dr Sardjito semakin lengkap, mereka baru saja mendapat bantuan berupa ambulans sepeda motor. Transportasi baru ini akan digunakan untuk menolong pasien stroke.

"Sebagai pusat rujukan tertinggi di DIY dan sekitarnya, RSUP Dr Sardjito mendapat bantuan ambulans sepeda motor, terutama untuk kegawatan stroke," tutur Direktur Umum dan Operasional RSUP Dr Sardjito Rini Sunaring Putri, ditemui di RSUP Dr Sardjito, Jumat (24/1/2020).

Selama ini, RSUP Dr Sardjito memang belum mempunyai alat operasional satu ini.

Menurut Rini, ambulans sepeda motor ini sangat berguna, dan keguaannya sangat sesuai di wilayah geografis seperti Indonesia, terutama di Yogyakarta ini.

"Jogja begitu padat penduduk, padat rumah, penduduk, dan lalu lintasnya. Sepeda motor ini dapat menyalip di antara crowded-nya lalu lintas Jogja. Untuk itu, ambulans [sepeda] motor akan berangkat duluan menolong kegawatan di rumah penduduk yang memanggil," sambungnya.

Rini Sunari Putri (Himedik/Rosiana)
Rini Sunaring Putri (Himedik/Rosiana)

Rini mengatakan, saat ini sudah ada target pasien yang akan ditolong menggunakan ambulans sepeda motor, yaitu mereka yang memiliki rumah di gang sempit.

Penggunaan ambulans sepeda motor ini memungkinkan staf medis menolong pasien stroke dalam masa golden period yang kurang dari satu jam.

"Bayangkan kalau kita tidak bisa menjangkau di bawah satu jam, maka pasien akan selamanya mengalami stroke yang cacat dan susah disembuhkan 100 persen," jelasnya lagi pada Suara.com.

Inilah, menurut Rini, fungsi dari ambulans sepeda motor yang sangat penting karena dapat menjangkau tempat pasien secara cepat.

Ambulans motor (Himedik/Rosiana)
Ambulans motor (Himedik/Rosiana)

"Mudah-mudahan kita bisa menyelesaikan kasus-kasus kegawatan stroke dengan cepat dengan bantuan ini," lanjut Rini.

Saat ini, sepeda motor ambulans diperuntukkan hanya bagi pasien stroke. Sebab, stroke memiliki golden period atau waktu emas penanganan stroke dalam 4,5 jam pertama setelah serangan, yang harus dikejar, agar pasien dapat segera disembuhkan.

Berita Terkait

Berita Terkini